Beranda > Jembatan keledai > Cara Mengingat Sinus sudut 30, 60, dan 90

Cara Mengingat Sinus sudut 30, 60, dan 90

Dalam fisika ketika mempelajari materi yang berhubungan dengan vektor, momen gaya, getaran, maupun gelombang peserta didik sering dihadapkan pada sudut-sudut istimewa seperti sin 30, sin 60, cos 30, sin 90, cos 90 dan sebagainya.

Pada saat proses pembelajaran berlangsung saya merasa anak didik telah menguasai sudut-sudut istimewa tersebut, karena setiap saya memberikan contoh soal kemudian menanyakan sin 3o,  secara serentak siswa menjawab “setengah…”.

Namun berbeda ketika saya menganalisis hasil ulangan, ternyata sebagian besar salahnya justru pada nilai sin, cos, maupun tangen sudut tersebut. Permasalahannya sepele sebenarnya yaitu terbalik. Saat dikonvirmasi ke peserta didik sebagian menjawab “Bingung pak kalau sudah banyak soal, antara  sin 30 dan sin 60 mana yang setengah …”

Ternyata apa yang saya perkirakan  ketika proses pembelajaran berlangsung tidak sesuai dengan hasil evaluasinya. Dari kejadian inilah akhirnya saya bercerita kepada peserta didik tentang pengalaman saya waktu sekolah dulu bagaimana cara mengingat nilai sin 30 dan 60 agar tidak terbalik.

Dulu saya pernah punya teman namanya “Chosanah”, anaknya banyak mulut dan sering tidak terkontrol bila ngomong. Dari sikapnya itu teman-teman yang lain kadang-kadang sambil bergurau mengatakan “Sinting kamu Nah” atau “Sinting-Nah”.

Terinspirasi pelajaran matematika tentang sin dan cos , akhirnya saya sering memanggilnya dengan sebutan Cosanah-Sintingah. Apa Artinya ?…

  • Cosanah = Cos  enampuluh setengah
  • Sintingah = sin tigapuluh setengah

Nah kalau kedua atau salah satu saja ingat maka yang lain tentu ingat. misal yang kita ingat Sintingah = Sin tigapuluh setengah, maka sin 60 pasti setengah akar tiga. kalau sin 60 setengah akar tiga, ya pasti cos 60 = setengah, karena nilainya kan setengah dan setengah akar tiga.

Kalau Sin sembilan puluh ? bagaimana,….suatu saat protes.

lalu saya jawab sekenanya, ..lho kamu kalau sore  suka nonton cerita sangaji di TVRI kan ?

Apa hubungannya ? gak nyambung sama pertanyaan tuuuu…., sahutnya.

Ya adaa..lah….. Sangaji itu kan  Sin sangangpuluh siji (sin sembilan puluh = 1).

Sambil tertawa Chosanah malah mengatakan saya gila,…..”gila kamu!”

Wah ternyata  orang sinting kalau temu sama orang gila malah dapat membuat cara ngapalin rumus nih.

Nah….Sejak saat itu peserta didik yang ketemu  saya tidak lagi mengenal nama saya, malah saya disebutnya sangaji

Yaa,….tidak apa-papa Sangaji kan Sin sangangpuluh siji.

Bagaimana…?, Anda suka dengan sangaji ? kasih komentar dong !

About these ads
Kategori:Jembatan keledai
  1. April 16, 2014 pukul 12:22 am | #1

    Again, the symptom needs to be cured by prescription medicine.
    HCA extract focuses on the unwanted fat stored in these tissues and dissolve them effectively.
    I believe some of the 5 pound weight loss was water weight, which is normal with
    almost any weight loss plan.

  2. April 5, 2014 pukul 6:03 am | #2

    You actually expressed that exceptionally well.

  3. Maret 5, 2014 pukul 2:12 am | #3

    Quality posts is the main to attract the visitors
    to visit the web site, that’s what this web page is providing.

  4. Februari 22, 2014 pukul 4:31 am | #4

    Howdy are using WordPress for your site platform?
    I’m new to the blog world but I’m trying to get
    started and set up my own. Do you need any html coding knowledge to make your
    own blog? Any help would be greatly appreciated!

  5. Februari 14, 2014 pukul 11:54 pm | #5

    When you have finally made a casino choice to know
    what occurs next. For example, they are not! Anyone who uses an online parcel services agent
    to book a delivery will immediately appreciate the benefits of the downloaded versions without the downsides.

  6. Agustus 17, 2013 pukul 9:11 pm | #6

    Why visitors still make use of to read news papers when in this technological
    world everything is accessible on net?

  7. Agustus 17, 2013 pukul 12:30 pm | #7

    Your way of describing everything in this post is in fact nice, all be capable of simply know it, Thanks a lot.

  8. Agustus 13, 2013 pukul 11:15 pm | #8

    Hi, i think that i saw you visited my site so i came to
    “return the favor”.I am attempting to find things to enhance
    my site!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

  9. Juli 30, 2013 pukul 9:07 am | #9

    Thanks for a marvelous posting! I truly enjoyed
    reading it, you may be a great author.I will remember to bookmark your blog and will come
    back down the road. I want to encourage one to
    continue your great work, have a nice day!

  10. Mulyata
    Januari 6, 2013 pukul 12:19 am | #10

    Dear Kang Guru…..
    Saya hanya ingin Brainstormung aja mengenai hapalan sudut sudut istimewa dalam trigonometri.Saya mencoba untuk mengingat secara sederhana saja tentang suut 30 derajat.Segitiga siku siku yang salah satu sudutnya 30 derajat,maka sisi depannnya bernilai 1, sisi miringnya bernilai 2.Otomatis sisi Cos nya adalah akar 3(berdasar hukum Phytagoras).Sehinggga otomatis kita dapat menghapal dua sudut istimewa yaitu 30 dan 60 derajat, sekaligus paham dari sinus sd cotangen….dst.dari 0 derajat sd 360 derajat.

    Wasalam
    Mulyata.

  11. wiwin
    Februari 27, 2012 pukul 5:46 am | #11

    ijin share ke FB

  12. Desember 22, 2011 pukul 10:49 am | #12

    wah…jd inget waktu dibangku SMA nich pak guru…he
    backlink ya….
    ane tunggu…pak guru.

  13. Brian
    September 18, 2011 pukul 1:35 pm | #13

    terima kasih guru.. atas ilmunya yang memudahkan saya memahami dan mengerti prinsip dasar fisika “awuran.” hehehehe.. yang penting bukan rumus tapi pemahaman..

  14. Januari 29, 2011 pukul 3:10 pm | #14

    mantap ceritax..jdi bagus tuh diterapkan kesiswa biar ga ngantuk

  15. Juli 19, 2010 pukul 12:45 am | #15

    jadi inget waktu sekolah pak, untungnya di sekolah boleh pakai calculator scientific

  16. Juni 19, 2010 pukul 9:09 am | #16

    hehe…iya yah jadi inget waktu sma dulu

  17. Juni 18, 2010 pukul 11:58 am | #18

    Jadi ingat pada masa remaja dulu, Sangaji yang merupakan salah satu tokoh cerita drama berkarakter cerdas dan rendah hati ternyata bisa juga untuk menghafal rumus fisika.
    Mr. Teguh mmg super kreatif!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: