Beranda > Media Pembelajaran > Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Peranan media Pembelajaran  yang semakin meningkat sering menimbulkan kekhawatiran pada guru. Namun sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi, masih banyak tugas guru yang lain seperti: memberikan perhatian dan bimbingan secara individual kepada siswa yang selama ini kurang mendapat perhatian. Kondisi ini akan terus terjadi selama guru menganggap dirinya merupakan sumber belajar satu-satunya bagi siswa. Jika guru memanfaatkan berbagai media pembelajaran secara baik, guru dapat berbagi peran dengan media. Peran guru akan lebih mengarah sebagai manajer pembelajaran dan bertanggung jawab menciptakan kondisi sedemikian rupa agar siswa dapat belajar. Untuk itu guru lebih berfungsi sebagai penasehat, pembimbing, motivator dan fasilitator dalam Kegiatan Belajar mengajar.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa pekerjaan mengajar tidak selalu harus diartikan sebagai kegiatan menyajikan materi pelajaran. Meskipun penyajian materi pelajaran memang merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran itu sendiri, tetapi bukanlah satu-satunya. Masih banyak cara lain yang dapat dilakukan  guru untuk membuat siswa belajar. Peran yang seharusnya dilakukan guru adalah mengupayakan agar setiap siswa dapat berinteraksi secara aktif dengan berbagai sumber balajar yang ada.

Sebagai penyaji dan penyampai pesan, media pembelajaran  tertentu bisa mewakili guru menyajiakan informasi belajar kepada siswa. Jika program media itu didesain dan dikembangkan secara baik, maka fungsi itu akan dapat diperankan oleh media meskipun tanpa keberadaan guru.

Menurut saya, media pembelajaran terbaik adalah media pembelajaran yang dibuat oleh guru sendiri, baik media yang diambil dari lingkungan sekitar, media yang dibuat dengan barang-barang bekas, dari alat-alat sederhana yang tidak membutuhkan banyak beaya, atau bahkan media pembelajaran berbantuan komputer yang saat ini lagi ngetrend. Ya,.. karena gurulah yang mengetahui kondisi dan latar belakang peserta didiknya. Prinsipnya adalah apapun bentuk media tersebut yang penting pesan pembelajaran dapat tersampaikan kepada siswa.

Terlepas dari baik atau tidaknya media pembelajaran penyampai pesan, saya berpendapat yang paling penting adalah pembiasan. Sesuatu yang dibiasakan yang bernilai positif, akan berdampak positif terhadap perkembangan seseorang meskipun prosesnya kadang-kadang sempat menjadi perdebatan.

Berikut ini adalah contoh media pembelajaran Sains untuk anak-anak yang saya buat secara sederhana. Media ini saya buat dengan menggunakan software macromedia Flash MX, sedangkan sumber gambar beberapa saya pindai dari Kamus Visual Indonesia. Satu hal yang memuaskan saya dari media ini adalah, saat saya melihat anak-anak saling mempertahankan pendapatnya masing-masing tentang jawaban yang harus dipilih.

Ingin  mencoba..?  silakan Klik pada gambar

>

Mengenal Anatomi Burung

Mengenal Anatomi Katak
Mengenal Anatomi Ikan

Mengenal Anatomi Kupu-kupu
Mengenal Anatomi Kuda

Mengenal Anatomi Lebah Madu
Mengenal Anatomi Gurita

Mengenal Anatomi Kelelawar
Mengenal Anatomi Ular

Mengenal Anatomi Laba-Laba
Mengenal Anatomi Udang

Mengenal Anatomi Siput
Mengenal Bagian Sel Hewan

Mengenal Bagian Sel Tumbuhan
Mengenal Sistem Pencernaan manusia

Mengenal Sistem Rangka manusia
  1. rita haryani
    Desember 1, 2010 pukul 9:57 am

    gila keren abis…
    gue suka banget,,,

    • Desember 2, 2010 pukul 5:48 am

      terima kasih atas apresiasinya, semoga bermanfaat

  2. November 4, 2010 pukul 1:58 am

    IJIN Download ye pak ……

  3. kurniawan
    Mei 29, 2010 pukul 7:45 am

    Bagus sekali pak, boleh download ya Pak untuk anak saya …

  4. Mei 27, 2010 pukul 4:43 am
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: