Beranda > Jembatan keledai > Jembatan Keledai_3

Jembatan Keledai_3

Alhamdulillah, … Kita jumpa lagi di jembatan keledai_3.

Dari beberapa email yang masuk banyak yang menanyakan tentang jembatan keledai yang lain, bahkan ada yang minta dikirimi semua jembatan keledai yang saya punya. Terima kasih atas apresiasinya, semoga ada manfaatnya.

Untuk jembatan keledai yang ketiga ini datang lebih awal kehadapan peserta didik, kebetulan hari ini libur dalam rangka Pilkada Walikota, jadi sambil menyelesaikan materi ajar saya sempatkan untuk menuliskan ini, sekaligus memenuhi permintaan mas Hermawan.

Baiklah, sesuai permintaan saya akan mencoba membuatkan jembatan keledai cara menghafal jenis besaran pokok.

Dalam fisika ditetapkan 7 macam besaran pokok yaitu :

  1. panjang
  2. massa
  3. kuat arus
  4. waktu
  5. suhu
  6. intensitas cahaya
  7. jumlah zat

Berbeda dengan spekrum gelombang elektromagnetik (lihat jembatan keledai_1) yang harus urut, maka untuk besaran pokok ini tidak perlu lagi harus urut, yang penting tahu mana yang termasuk besaran pokok.

Oke…kita buat saja jembatan keledainya.

Perhatikan nomor 1 sampai 7  di atas , saya buat jembatan keledainya sebagai berikut :

PA-MAN-KU WAKTU SU-BUH INGAT JUMILAH”

Dengan memperhatikan kata yang bercetak tebal, maka : PA = panjang, MA = massa, KU = kuat arus, WAKTU = waktu, SU = suhu, IN = intensitas cahaya, dan JUM = jumlah.

Nah, bagaimana…?  mudah kan ?

Oke…sampai disni dulu…sampai jumpa.

Kategori:Jembatan keledai
  1. Februari 21, 2016 pukul 8:52 am

    Salam Kenal dari saya Penjual Kayu Bekas Kalimantan

  2. Oktober 19, 2015 pukul 4:52 am

    Yang begini harus selalu di ingat pak

  3. Oktober 13, 2015 pukul 8:23 am

    Jaman Masih sekolah ntu pak :v

  4. September 3, 2014 pukul 10:22 pm

    That is a good tip especially to those fresh to the
    blogosphere. Simple but very accurate info… Many thanks for sharing this one.
    A must read post!

  5. widy
    Juli 11, 2012 pukul 12:04 pm

    saya seorang pengajar LBB (SD,SMP, dan SMA) bidang mapel Fis,Bio, dan IPA SD… Mohon bantuannya untuik jembatan keldai yang lain thnx

  6. Oktober 1, 2010 pukul 4:33 am

    Ass. Wr. Wb
    Tak sengaja aku membuka blog ini rasanya aku mengenalnya dan bahkan sangat dekat dalam berkawan, mudah-mudahan tidak salah, apakah bapak alumi pend. fis s03 ikip smg th 1988, jika memang iya mungkin bisa mengenali aku ( yg kos di tampomas utara 3/ kaligarang atas dan sekarang aku di kalbar . terlepas benar atau tidaknya aku merasa senang dan bangga, banyak kawan guru yang bisa tampil dengan kelebihan-kelebihannya, sukses selalu.

    • Oktober 1, 2010 pukul 9:04 am

      Tidak salah lagi you memang sahabatku dulu. Trims, sudah kesasar ke blog ternyata jumpa shabat,….semoga bisa saling berbagi informasi….salam persahabatan selalu dari kota batik Pekalongan

    • Oktober 1, 2010 pukul 3:16 pm

      Bagaimana kabar teman-teman yang lain, Pranata, Titik, Rahmana, Riyadi, Basuki, Suryanti, Trisno, Karyono, Marini, Endang, Rini, ..kangen rasanya kalau sudah jumpa salah satu.

  1. April 27, 2011 pukul 12:54 pm

Tinggalkan Balasan

