Beranda > Media Pembelajaran > Mengenal Anatomi Ular

Mengenal Anatomi Ular

Hai adik-adik,…….APa kabar ?……

Sesuai janji kang guru,…. kali ini adik-adik akan kang guru ajak untuk mempelajari anatomi ular. Apa ? …..ya,..U L A R

Siapa yang belum pernah lihat ular ? ….

Ular adalah salah satu binatang yang masuk dalam rangkaian alur mata rantai kehidupan. Semua jenis ular terkesan menyeramkan dan mematikan, akibatnya, banyak sekali ular mati sia-sia karena dianggap binatang yang berbahaya. Padahal, sebenarnya hanya sekitar 5% saja dari ± 380 jenis ular di Indonesia yang berbisa dan mematikan sehingga perlu dihindari. Selebihnya adalah ular – ular biasa yang tidak perlu dibunuh sehingga perlu dilestarikan.

Banyak jenis-jenis ular yang sepanjang hidupnya berkelana di pepohonan dan hampir tak pernah menginjak tanah. Banyak jenis yang lain hidup melata di atas permukaan tanah atau menyusup-nyusup di bawah serasah atau tumpukan bebatuan. Sementara sebagian yang lain hidup akuatik atau semi-akuatik di sungai-sungai, rawa, danau dan laut.

Beberapa jenis ular, seperti sanca dan ular tikus, membunuh mangsa dengan cara melilitnya hingga tak bisa bernapas. Ular-ular berbisa membunuh mangsa dengan bisanya, yang dapat melumpuhkan sistem saraf pernapasan dan jantung (neurotoksin), atau yang dapat merusak peredaran darah (haemotoksin), dalam beberapa menit saja. Bisa yang disuntikkan melalui gigitan ular itu biasanya sekaligus mengandung enzim pencerna, yang memudahkan pencernaan makanan itu apabila telah ditelan.

Untuk menghangatkan tubuh dan juga untuk membantu kelancaran pencernaan, ular kerap kali perlu berjemur (basking) di bawah sinar matahari.

Nah dari pada kang guru banyak cerita, lebih baik kita pelajari saja yuk anatomi ular berikut ini. (lagi-lagi tunggu untuk koneksi internet yang lambat),..

Untuk download, klik kanan disini kemudian simpan di komputer Adik-adik….

  1. R
    April 28, 2013 pukul 1:50 am

    Page not found? Flashnya kok gak ada?

  2. Agustus 26, 2010 pukul 4:21 pm

    waw keren neh pak..bagus untuk pembelajaran..saya dulu pernah punya ular loh..

    • Agustus 26, 2010 pukul 5:35 pm

      O ya ? Terus sekarang kemana ularnya ?….termasuk pawang kah ?

  3. Agustus 23, 2010 pukul 9:20 pm

    Waah kereen pak Blog nya…kalau sama ular perasaan saya campur aduk, antara ngeri,serem tapi penasaran karena jaman dulu suka nonton tentang “Ratu Ular”, dan di film2 Inia banya filem yg bertemakan misteri tentang ular ini…trims info bermanfaatnya pak…

  4. Agustus 23, 2010 pukul 8:54 pm

    Saya termasuk orang yang agak phobia terhadap ular. Infotmasi ini mudah-mudahan dapat membantu saya untuk merubah cara pandang saya terhadap ular.
    Terima kasih…

  5. Agustus 6, 2010 pukul 2:51 am

    terimakasih atas share ilmunya pak guru😀 …

    asik yah zaman sekarang belajar enggak membosankan ada visualnya …. semoga bakal banyak yang jadi dokter hewan hehehe

    • Agustus 6, 2010 pukul 6:11 am

      Terima kasih kembali telah menengok blog saya, semoga bisa berbagi informasi

  6. Agustus 5, 2010 pukul 2:27 pm

    Mas Teguh, saya sepertinya menjadi pelanggan donlod😀
    Ular? he…he… saya phobia mahluk yang satu ini😦

    • Agustus 5, 2010 pukul 2:32 pm

      Terima kasih Pak, bila berkenan saya sangat senang, artinya apa yang saya buat ada manfaatnya, meski sangat sederhana.

  7. Agustus 5, 2010 pukul 12:13 pm

    seremm..
    aq paling takut ama ular..!!
    salam kenal aja ya..

    • Agustus 5, 2010 pukul 1:04 pm

      Salam kenal kembali, terima kasih atas kunjungannya dan selamat datang

  8. Agustus 4, 2010 pukul 1:21 pm

    hm…nice info…
    smoga adik2 kita menjadi tambah pintar..sehingga dapat membangun negeri ini menjadi lebih baik..

  9. Agustus 4, 2010 pukul 12:22 pm

    wah kayak pelajaran biology nih seneng banget rasanya

    • Agustus 4, 2010 pukul 3:07 pm

      Sama sama seneng Pak bila bisa bermanfaat

      • Red
        Agustus 5, 2010 pukul 7:06 am

        saya bookmarked blognya ya… artikelnya mantap2!

  10. Agustus 4, 2010 pukul 11:07 am

    wah jadi ingat … materi waktu kuliah dulu pak …
    yang digunakan praktik tidak hanya ular tetapi biawak, kadal,dll …
    seandainya media pembelajaran diatas bisa di download pak …
    atau kalau Bapak berkenan tolong kirimkan ke email saya pak .. di bcc.ampah@yahoo.com,
    terimakasih banyak yah pak ..

    Salam persahabatan blog dari Kalimantan Tengah.

  11. اسوب سوبرييادي
    Agustus 4, 2010 pukul 9:14 am

    Teruskanlah… Pak Guru😀

    • Agustus 4, 2010 pukul 9:30 am

      Siap Ustad, mohon do’anya,…semoga apa yang saya suguhkan ada manfaatnya.

  12. Agustus 4, 2010 pukul 7:36 am

    sangat bermanfaat…
    ditunggu tulisan berikutnya pa guru…

    salam.

  13. Agustus 4, 2010 pukul 6:47 am

    Setelah anatomi ular, kalau boleh usul usil dikit, kita tunggu gilirannya tentang organ manusia, ya KaGuT (Kang Guru Teguh)😀 Maaf, singkatan sebutan namanya sedikit iseng🙂😉

    • Agustus 4, 2010 pukul 6:59 am

      Wah, nanti jadi kagak urut Bli,….ada yang minta peta-peta propinsi di Indonesia, ada yanng minta peta negara-negara dunia, ada yang minta anatomi tumbuhan,…, ada juga yang minta kuis soal-soal UN, pusing nih Bli, hahaha…..gimana ya Bli sebaiknya….kasih saran dong biar terakomodasi semua.

      • Agustus 4, 2010 pukul 12:05 pm

        Menurut saya diagendakan saja, setiap bulannya,(sekadar usul usil 8) ), misalnya:🙂 Minggu pertama tentang anatomi hewan,🙂 Minggu kedua, anatomi tumbuhan🙂 Minggu ketiga, anatomi manusia🙂 Minggu keempat, hal-hal umum.
        Demikian Mas, semoga tidak merepotkan ya..
        MAKASI telah mau berbagi kepada kami.😀

  14. Agustus 4, 2010 pukul 6:23 am

    Wah…
    saya suruh adik saya belajar disini ya..??😉
    Bolehkan kang ..?

    • Agustus 4, 2010 pukul 6:35 am

      Wow,….tentu dengan senang hati, dari pada main jauh-jauh nanti badannya jadi hitem, ya lebih baik di rumah bermain and sambil belajar….

  15. Agustus 4, 2010 pukul 6:16 am

    Belajar dan terus belajar, banyak ilmu yang tertuang disini, terima kasih kang Guru🙂

    • Agustus 4, 2010 pukul 6:19 am

      Betul Bli, daripada tidur lebih baik cari ilmu and nambah saudara.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: