Beranda > Anatomi Hewan, Media Pembelajaran > Mengenal Anatomi Gurita

Mengenal Anatomi Gurita

Halllooo adik-adik, apa Kabar……..kang guru hadir lagi, masih senang ?

Kali ini kang guru ingin mengajak adik-adik untuk mempelajari anatomi gurita, Tahu Gurita ?…

Gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala), ordo Octopoda dengan terumbu karang di samudra sebagai habitat utama. Gurita terdiri dari 289 spesies yang mencakup sepertiga dari total spesies kelas Cephalopoda. Gurita dalam bahasa Inggris disebut Octopus yang artinya delapan kaki.

Gurita memiliki 8 lengan (bukan tentakel) dengan alat penghisap berupa bulatan-bulatan cekung pada lengan yang digunakan untuk bergerak di dasar laut dan menangkap mangsa. Lengan gurita merupakan struktur hidrostat muskuler yang hampir seluruhnya terdiri dari lapisan otot tanpa tulang atau tulang rangka luar.

Tubuh yang sangat fleksibel memungkinkan gurita untuk menyelipkan diri pada celah batuan yang sangat sempit di dasar laut, terutama sewaktu melarikan diri dari ikan pemangsa, Gurita mempunyai masa hidup yang relatif singkat dan beberapa spesies hanya hidup selama 6 bulan. Gurita sangat cerdas dan kemungkinan merupakan hewan paling cerdas di antara semua hewan invertebrata.

Untuk mempertahankan diri dari musuh, Gurita biasanya memiliki tiga mekanisme pertahanan diri, yaitu berupa kantong tinta, kamuflase dan memutuskan lengan. Gurita berwarna abu-abu pucat atau putih, tapi warna kulit bisa diubah sesuai warna dan pola lingkungan sekitar dengan maksud melakukan kamuflase (penyamaran). Gurita jantan bereproduksi dengan meletakkan kantong spermatofora ke dalam rongga mantel gurita betina menggunakan lengan istimewa yang disebut hectocotylus. Gurita bergerak dengan cara merangkak atau berenang.

Nah, bagaimana ? penasaran ? Yukl kita pelajari saja anatominya,……

Yang mau download Klik saja disini, lalu simpan di komputer …

  1. Februari 9, 2012 pukul 3:27 am

    artikel yang sangat menarik,,,,
    salam kenal,,,

  2. Februari 9, 2012 pukul 3:26 am

    makasi atas informasinya gan,,,,
    sangat mendukung

  3. Desember 8, 2010 pukul 10:03 am

    Hi, very interesting post, greetings from Greece!

  4. Red
    Agustus 27, 2010 pukul 11:00 am

    tinta yg dikeluarkan gurita itu kandungan kimianya samakah dengan tinta buat nulis?

    • Agustus 27, 2010 pukul 11:16 am

      Ya ndak lah Pak, tinta buat nulis kan gak boleh di makan.Tinta pada gurita kan hanya bertujuan untuk mengelabuhi musuhnya karena terdesak.

  5. Agustus 21, 2010 pukul 3:22 pm

    bagus sekali pak Guru pelajaran tersebut, jadi ingin belajar lebih dg pak Guru nich

  6. Agustus 21, 2010 pukul 3:04 pm

    Jadi inget juga film James Bond…Octopusy hahaha….

    • Agustus 21, 2010 pukul 3:57 pm

      Wah, film kesukaanku juga tuh mas waktu SMA dulu, hehe

  7. Agustus 21, 2010 pukul 7:02 am

    pak guru… ada kelainan gak pada otak paul si gurita???… secar bisa nebak gitu…

    salam akrab dari burung hantu…

    • Agustus 21, 2010 pukul 9:33 am

      Dari dulu juga punya kelainan tuh oatk paul,..hehe

  8. Kak Zen | Kembang Anggrek
    Agustus 21, 2010 pukul 6:37 am

    Pak…makasih ilmunya…meskipun sdh gak sekolah..lumayan buat nambah ilmu pengetahuan….

    Salam Kak Zen

    • Agustus 21, 2010 pukul 9:36 am

      Yang penting silaturahminya Kak Zen,…..dan ilmu apapun kalau dipelajari kan tidak ada salahnya yang penting ghak diapalin, memang mau ujian. hehe,

  9. Agustus 21, 2010 pukul 5:23 am

    kalau yang di film pirated carribean tuh gurita pa bukan pak guru???

    • Agustus 21, 2010 pukul 9:35 am

      Wah, kok belum pernah lihat filmnya ya,…gurita kan spesiesnya banyak tuh jadi mungkin saja di film tersebut termasuk gurita.

  10. Agustus 20, 2010 pukul 10:06 pm

    Kirain itu si paul yang bergaji besar itu:mrgreen: pak teguh emang pakar dalam pembuatan animasi begitu. upss…… pak koq gak bisa aku lihat ya ??? maklum masih baru di ubuntu jadi gak tahu harus dibagaimanakan file tersebut😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • Agustus 21, 2010 pukul 12:07 am

      Pakai ubuntu sebetulnya juga ndak masalah kok Pak Sugeng,…mungkin sedikit lemout saja koneksinya.

  11. Agustus 20, 2010 pukul 10:03 pm

    Heee saya pagi-pagi langsung buka, dan belajar mengisi, lumayan juga (tapi belajar dulu) mau test dengan anak buah Kang Guru…😉

    • Agustus 21, 2010 pukul 12:05 am

      Pagi-pagi sudah mengerjakan ya pasti menang Bli sama peserta didik yanng lain,.hehe

  12. Agustus 20, 2010 pukul 3:58 pm

    sambil nunggu koneksinya membaik saya tak coret sedikit ya pak guru biar rapornya ga merah besok,
    dengan 8 lengan yang dimilikinya ini membuat sigurita mudah dikenal dan di inget apalagi semenjak ada gurita yang jadi selebriti hehe..
    Sukses Slalu!

    • Agustus 20, 2010 pukul 4:40 pm

      Iya juga mas,…kalau gurita saja bisa jadi selebrete, kapan giliran yang lain nih…

  13. Agustus 20, 2010 pukul 3:31 pm

    Waw, kyknya hampir semua postingan tentang pembelajaran.. Mantap deh..
    Saya suka org yang mau berbagi Ilmu🙂
    trimakasih atas kunjungannya ke tempat saya.

    http://blog.beswandjarum.com/puspitaningtyasaisyah

  14. Agustus 20, 2010 pukul 3:29 pm

    Iya Kang Guru, melihat gurita anak-anak teringat dengan tokoh kartun, karena ciri khasnya berlengan delapan, bentuk bulat lonjong, mengeluarkan tinta itu.
    Terimakasih dengan media pembelajarannya ini. Salam…🙂

    • Agustus 20, 2010 pukul 3:32 pm

      Ternyata Bli lebih menguasai tentang gurite ya,….salam hangat dari Pekalongan.

  15. Agustus 20, 2010 pukul 10:47 am

    hwa..jangan2 sebelum bikin judul buku gurita cikeas kemarin george aditjondro mempelajari dulu sifat2 dan anatomi gurita ya🙂

    • Agustus 20, 2010 pukul 11:54 am

      Wah ternyata masih ingat juga nih gurita made in george aditjondro ya….haha

  16. Agustus 20, 2010 pukul 10:36 am

    inget octopus jadi inget musuhnya spiderman:mrgreen:

    • Agustus 20, 2010 pukul 11:54 am

      Iya juga ya mas Tedy,..

      • Agustus 22, 2010 pukul 2:48 pm

        tapi aku suka juga sama musuhnya itu..heheeh
        salam hangat dari blue…lari takut dimarahin

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: