Beranda > Media Pembelajaran > Mengenal Alat Indera Penglihatan

Mengenal Alat Indera Penglihatan

Waow,……jumpa lagi adik-adik dengan kang guru,…..Bagaimana kabarnya ? heem baik-baik saja tentunya.
Okey,…adik-adik, kang guru mau tanya nih,….pernah ndak Bapak/Ibu guru di sekolah mengajarkan tentang alat indera kita ? …..Ya ?,…Iya, bagi adik-adik yang sudah pernah duduk di kelas IV SD tentunya pernah ya,…lalu di SMP di ajarkan lagi,….kalau di SMA ?…juga diajarkan lagi.
Nah,..Ada berapa sih alat indera kita ini ?……..Ya ?…heem, ada lima,…. apa saja ?masih ingat ….? …..Pintar, indera penglihatan, indera penciuman, indera perasa, indera pendengaran, dan….yang satu ? Iya bagus sekali indera pengecap.
Sekarang siapa yang tahu indera penglihatan itu apa?…..baguuuuus…..Mata. Lalu apa tujuannya kita harus belajar tentang mata ? Ingat ndak salah satu tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa ? Nah, setelah kita belajar tentang mata,..kita akan tahu ada apa di dalam mata kita,…siapa yang tahu ?….iya,.ada kornea mata, ada retina mata, ada lensa mata, ada otot mata, dan banyak lagi yang lain. Terus apa itu fungsi dari alis mata, bulu mata, air mata, kelopak mata,…adik-adik tahu ndak ?…..Kalau tahu, kira-kira apa yang terjadi bila satu saja dari bagian mata itu tidak berfungsi ?…..Artinya mata kita tidak normal kan ? Karena itulah, maka kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang maha Esa, karena atas karuniaNya kita diberi mata yang normal, sehingga kita juga wajib memberikan semangat untuk saudara-saudara kita yang memiliki mata kurang normal. Setuju ?
Nah, untuk lima postingan kang guru ke depan, adik-adik akan kang guru ajak untuk mengenal tentang alat indera kita, dimulai dari Mata dulu, kemudian hidung, lidah, kulit, dan terakhir telinga.
Bagaimana ? Setuju kan,….Oke kita langsung saja yuk pelajari anatomi mata kita……

Untuk download klik disini.

Sumber  Materi dan gambar :
1) Buku Sekolah Elektronik
2) Kamus Visual Indonesia-Inggris

  1. kim audrie
    Maret 13, 2012 pukul 6:49 am

    Halo,pak.Salam kenal.Saya hampir uas,jadi saya kerja soal-soal kang guru.Betul-betul membantu!
    THANKS,YA,KANG GURU!^_^

  2. Nuraini
    Oktober 17, 2011 pukul 12:11 pm

    bapak teguh boleh gak aku downlod?? coz di kampus aku ada praktek ngajar dari praktek ngajar dikelas itu buat seleksi PPL…kebetulan materi yang mau aku pake IPA tentang Anatomi mata..tpi aku ga bisa cara downlod.y…maksih bapak

    • Oktober 18, 2011 pukul 2:42 pm

      Untuk download klik kanan pada tulisan “disini” pada bagian bawah media, kemudian pilih
      Save Link As…, lalu simpan di komputer Anda. Semoga PPL nya Sukses

  3. September 1, 2010 pukul 10:57 pm

    Mata, organ yang harus dijaga dan dipelahara agar manfaatnya terasa.
    Saya mulai berkacamata setelah umur 40 tahun lebih karena dulu biasa membaca sambil tiduran dan lampu penerangan yg kurang bagus di kampung. Maklum belum ada listrik kala itu.
    Terima kasih atas ilmunya pak.
    salam hangmat dari surabaya

  4. Agustus 27, 2010 pukul 3:03 am

    wih bisa saya kasih tau buat adik saya nih,mksh buat infonya gan

  5. Agustus 26, 2010 pukul 10:09 am

    aduuuh … indra denuzz satu ini udah rusak … sediih …
    pake kacamata deh …

    • Agustus 26, 2010 pukul 10:27 am

      Kalau gitu sama denuzz,…yang penting kita tetap bersyukur sajalah…

  6. Agustus 26, 2010 pukul 5:49 am

    Salam Takzim
    Mau daftar dulu ah pak, karena orang baru nih
    Saya kelas 1 ya pak
    Salam Takzim Batavusqu

    • Agustus 26, 2010 pukul 10:29 am

      Hahaha…..daftar terlambat ya bayarnya mahal nih,….

  7. Agustus 26, 2010 pukul 5:07 am

    Waah menarik sekali pelajarannya, nanti akan saya share dengan keponakan🙂 terima kasih Kang Guru

    • Agustus 26, 2010 pukul 10:31 am

      Terima kasih kembali,..and selamat datang di blog kang guru

  8. Agustus 26, 2010 pukul 4:48 am

    Saya setuju banget kang guru. makanya aq kurang setuju kalo ada yg kerok alisnya coz salah satu fungsinya tentu akan hilang.
    Keep posting Pembelajaran ya kang guru..

  9. Agustus 26, 2010 pukul 1:54 am

    pelajaran yang sangat penting buat membuka pandangan kita pak guru..
    terus n siap menyimaak hehe

  10. Agustus 25, 2010 pukul 6:54 am

    salam kenal dari dalang Barito Timur pak,
    wah…… bila ini diaplikasikan keanak-anak akan senang mendengarnya dan lebih paham, terimakasih pak. anda baik sekali

    • Agustus 25, 2010 pukul 9:43 am

      Memang itu harapannya pak, sekarang menyuruh anak belajar kadang susah, makanya kita coba untuk bermain meskipun kontentnya adalah belajar. Terima kasih Pak telah berkunjung, semoga kita bisa berbagi iformasi,.

  11. اسوب سوبرييادي
    Agustus 25, 2010 pukul 5:52 am

    😀

    luarbiasa ^^

    • Agustus 25, 2010 pukul 5:55 am

      Terima kasih Ustadz, ……semoga bermanfaat untuk kebaikan.

  12. Agustus 25, 2010 pukul 4:42 am

    oh ternyata ini blog pendidikan😀

    • Agustus 25, 2010 pukul 4:45 am

      Oh, memangnya kenapa kalau blog pendidikan, males ? gak kayak fb ?

  13. ok
    Agustus 25, 2010 pukul 4:25 am

    hmmm…yg diatas itu kosong, emang ada gambarnya tapi ga muncul/emang ga ada gambarnya ya?

    • Agustus 25, 2010 pukul 4:33 am

      Wah kalau yang itu bukan salah saya, mungkin saja koneksinya agak lemout, ….atau emang gak mau nunggu, hehe

  14. Kak Zen
    Agustus 25, 2010 pukul 4:08 am

    Ilmunya selalu bermanfaat.Sukses Pak🙂

  15. Agustus 24, 2010 pukul 3:32 pm

    Salam Kenal.
    Masya Allah, Baru tahu, salam kenal.

    Kita harus menjaga Mata kita Khususnya di bulan ramadhan ini. jangan digunakan untuk meihat yang haram dilihat nanti bisa rusak

    • Agustus 24, 2010 pukul 4:28 pm

      Salam kenal kembali Pak, terima kasih telah mengunjungi blog saya

  16. Agustus 24, 2010 pukul 12:54 pm

    Mas Teguh,
    hehehe…udah setua ini baru tahu semuanya dari mata pelajaran anak-anak.
    Seperti biasa mas, langganan download.

    • Agustus 24, 2010 pukul 2:29 pm

      Monggo Pak,…bagaimana si Putri, masih suka bermain sama teman-teman ndak ?

  17. Agustus 24, 2010 pukul 11:13 am

    Selamat sore Pak … saya izin untuk mendownloadnya pak … sangat membantu sekali ..
    terimakasih banyak untuk Informasinya ..
    Pak guru yang satu ini menang TOP MARKOTOP and TOP BGT dehh … heee …

    Salam dari Kalimantan Tengah Pak ..

    • Agustus 24, 2010 pukul 11:41 am

      Silakan Pak, terima kasih…semoga ada manfaatnya

  18. Agustus 24, 2010 pukul 8:19 am

    kang guru..

    aq bru pertama masuk sekolah ni..
    boleh ikut ya..??

  19. Agustus 24, 2010 pukul 7:44 am

    *ndengerin pak guru di pojokan*😀

  20. Agustus 24, 2010 pukul 4:10 am

    kita harus bersyuker kepada tuhan, yang telah memberikan sesuatu yang g ternilai harganya. MATA ^_^

    Thanks tu ALLAH SWT

  21. Agustus 24, 2010 pukul 3:46 am

    Assalaamu’alaikum Kang Guru
    Pembelajaran yang sungguh bermakna dalam mengenali diri.
    Melalui kenal diri maka kita dapat mengenal Tuhan yang menciptakan. Pesona penciptaan Allah ini menjadikan kita harus sentiasa bersyukur dengan segala nikmat yang dikurniakan.

    Link blog Mas Teguh sudah saya pasangkan di Dunia Sahabat. Sila semak jika berkenan dengan masukannya.

    http://webctfatimah.wordpress.com/dunia-sahabat/

    Salam Ramadhan dan slaam mesra dari saya di Sarawak.

    • Agustus 24, 2010 pukul 5:03 am

      Terima kasih bunda telah berkenan memasang link Blog saya, semoga kita bisa berbagi informasi lebih lanjut Bunda.

  22. Agustus 24, 2010 pukul 3:12 am

    selamat siang pak guru maaf saya beberapa hari izin ga masuk sekolah hehe..
    hmm..dari pelajaran sederhana mengenai panca indera ternyata mampu membuka mata hati untuk senantiasa bersyukur atas semua karunia allah yang maha besar ini, subahanallah..
    Sukses Slalu!

    • Agustus 24, 2010 pukul 5:09 am

      Begitulan seharusnya mas, setiap materi pembelajaran di sekolah selalu bermuara pada kebesaran tuhan Yang maha esa.Tidak ada satu pun ilmu yang benar-benar buatan manusia, kita cuma diberi akal dan itulah yang harus dimanfaatkan.

  23. Agustus 24, 2010 pukul 3:12 am

    Iya benar sekali bu guru,
    kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan banyak sekali kenikmatan kepada kita ini, dari mulai panca indra ampe yang lain yang sempurna!
    terima kasih pelajarannya!
    Bali Villas Bali Villa

  24. Agustus 24, 2010 pukul 2:37 am

    Subhanallah… bisa jadi cara sederhana, bersahabat dan mengena untuk anak2 ya Om? ijin link ke blog saya om..🙂

    • Agustus 24, 2010 pukul 11:43 am

      Silakan saja,…terima kasih telah membuat link untuk blog ini

  25. Agustus 24, 2010 pukul 2:34 am

    seneng kalo belajar anatomi mata…hehe

  26. Agustus 23, 2010 pukul 10:52 pm

    memang pintar Tuhan tuh, bisa menciptakan sesuatu yang dibilang rumit bagi manusia…😀

    • Agustus 24, 2010 pukul 5:11 am

      Emang baru tahu ? kan orang sejak lahir saja sudah diajarin kalau Tuhan itu Maha Besar, maha Agung, Maha Pengasih, dan sebagainya. Lupa Ya ?

      • Agustus 27, 2010 pukul 11:31 am

        hahaha,, bener-bener lupa pak😀

  27. Agustus 23, 2010 pukul 9:52 pm

    Di sini aku diajari gawe storyboard karo tween motion, Kang. He he he !!!

  28. Agustus 23, 2010 pukul 8:51 pm

    Selain untuk meningkatkan ketakwaan kita terhadap Tuhan Yang Maha Melihat, indera mata juga dianggap sebagai salah satu organ penting untuk menemukan kebenaran faktual [kebenaran ilmu].

    • Agustus 23, 2010 pukul 9:19 pm

      Setuju sekali Pak, untuk itu selain dengan memahami anatomi mata, dengnan keberadaan mata sendiri diharapkan peserta didik lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang maha Esa. Terima kasih Pak.

  29. Agustus 23, 2010 pukul 7:25 pm

    indra penglihatan salah satu yang terpenting dalam panca indra kita..
    btw pekalongannya mana pak, trus ngajarnya dimana pak?..
    sya asli subah-batang lo pak..hehe…n mantan smk3 pkl angkatan 84…….

    salam.

    • Agustus 23, 2010 pukul 9:21 pm

      Wow ternyata saudara sedaerah ini, kalau saya Pekalongannya Perumahan kedungwuni Pak, tetangganya http://www.mmursyidpw. saya muridnya blog Pak. O,ya saya ngajar di SMA Dwija Praja lho Pak, tetangga juga nih sama SMK3, hehe.

  30. Agustus 23, 2010 pukul 6:15 pm

    infonya memang karen pak, senang untuk difahami dan mesra pelajar. iya sudah.. saya lupa bagi salam.. salam kenal dan ijinkan saya mengelilingi blognya

    • Agustus 23, 2010 pukul 6:48 pm

      Terima kasih sekali mama, jauh-jauh dari Malaysia telah bersedia berkunjung, semoga kita bisa berbagi informasi lebih lanjut.

  31. Red
    Agustus 23, 2010 pukul 5:44 pm

    pak, nanti dibahas juga yah penyakit2 seputar mata?

    • Agustus 23, 2010 pukul 5:57 pm

      Oke Pak, nanti tak siapkan bahannya dulu, kebetulan besok pas ngajar fisika kedokteran, biar mahasiswa saya yang tak minta materinya. tungggu saja Pak.

  32. Agustus 23, 2010 pukul 12:35 pm

    Tanpa Indra ini hampa banget..tapi kayaknya semua penting Kang Guru yach heee,tapi duktus itu baru saya denger atau dulu saya tertidur heee

    • Agustus 23, 2010 pukul 1:34 pm

      Betul Bli, semua penting…makanya saya mengajak adik-adik khususnya si Putri untuk mengetahui anatomi biar jadi dokter ya Bli.

      • Agustus 23, 2010 pukul 11:28 pm

        Kang Guru sekedar info… sekarang tiap sore… banyak banget teman-teman putri saya kerumah untuk ngenet dan menjawab soal kang Guru, ada senangnya juga🙂 tapi susahnya saya musti nahan nafsu untuk ngeblog😦 harus giliran dengan mereka ( terima kasih kang Guru)

  33. Agustus 23, 2010 pukul 12:28 pm

    Wah keren pak guru. Seandainya dalam bahasa inggris?!😀
    Salam dari Barito Timur pak.

    • Agustus 23, 2010 pukul 1:37 pm

      Untuk Bahasa Inggris, Bapak Bisa berkunjung di Blognya Pak Muryid yang alamatnya : http//www.mmursyidpw.wordpress.com, beliau adalah guru saya dalam bidang blog Pak.Animasinya lebih keren dan canggih. Monggo silakan saja ke TKP nya. Salah hangat dari Pekalongan.

  34. Agustus 23, 2010 pukul 12:00 pm

    Wah Pak, blog nya asik sekali.
    Sekalian berkunjung, dapat ilmu dpt persahabatan.
    Bahan saya untuk mengajar🙂

    salam kenal,
    classically

    • Agustus 23, 2010 pukul 1:38 pm

      Wah, terima kasih sekali bu bila bisa dimanfaatkan, sekalian mohon koreksinya. Terima kasih telah berkunjung.

  35. Agustus 23, 2010 pukul 11:52 am

    Benar Kang Guru, anugerah indera penglihatan yang sehat ini patut disyukuri dan perlu dikenal lebih jauh lagi dengan media pembelajaran ini.
    Terimakasih atas inforamsinya. SALAM dari Kendari…😉

  36. Agustus 23, 2010 pukul 11:38 am

    Jangan pakai bahasa latin lho pak guru. Salam kenal dari solo. See you in my blog.

    • Agustus 23, 2010 pukul 11:58 am

      Tidak lah, kita biasakan pakai bahasa Sendiri. tapi ada juga sih tombol pilihan untuk bahasa latinnya, barangn kali ada yang ingin tahu Pak. Terima kasih telah berkujung and salam kenal kembali.

  37. Agustus 23, 2010 pukul 6:13 am

    petani jabon mampir nich kang guru,,,
    salam..

  38. Agustus 23, 2010 pukul 3:48 am

    gimana kita bisa melamun? kita melihat benda yang tak ada. kok bisa pak ya?

  39. Agustus 23, 2010 pukul 2:40 am

    wah…belajar…indera mata…
    tapi sudah lupa:mrgreen:

    • Agustus 23, 2010 pukul 4:28 am

      Mas, jangan banyak belajar yang lain, nanti lupa tuh buat robotnya,..hehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: