Beranda > Media Pembelajaran > Mengenal Alat Indera Penghidu (Penciuman)

Mengenal Alat Indera Penghidu (Penciuman)

Assalamualaikum adik-adik,….salam sejahtera selalu dari Kang guru.
Wah, maaf  kalau kehadiran kang guru terlambat, soalnya lagi menyibukkan diri di sepuluh hari bulan ramadhon, hehe…
Oke, kita sudah mempelajari tentang tiga alat indera kita,…masih Ingat  ?

Naaah, sekarang mari kita tambah lagi dengan alat indera berikutnya yaitu alat indera penghidu atau penciuman yaitu hidung.
adik-adik , Hidung adalah indera yang kita gunakan untuk mengenali lingkungan sekitar atau sesuatu dari aroma yang dihasilkan. Kita mampu dengan mudah mengenali makanan yang sudah busuk dengan yang masih segar dengan mudah hanya dengan mencium aroma makanan tersebut. Tahukan adik-adik, bahwa di dalam hidung kita terdapat banyak sel kemoreseptor untuk mengenali bau.

Indera penciuman  termasuk  ke dalam sistem penginderaan kimia kita (chemosensation). Proses yang kompleks dari “menciumdimulai ketika molekul-molekul dilepaskan oleh substansi di sekitar kita yang menstimulasi sel syaraf khusus di hidung, mulut, atau tenggorokan. Sel-sel ini menyalurkan pesan ke otak, dimana bau dan rasa khusus diidentifikasi. Sel-sel olfactory (syaraf penciuman) distimulasi oleh bau busuk di sekitar kita. Contohnya aroma dari buah durian, bau sate, dll. Sel-sel syaraf ini ditemukan di sebuah tambalan kecil dari jaringan terletak di atas dalam hidung, dan mereka terhubung secara langsung ke otak. Penciuman (olfaction) terjadi karena adanya molekul-molekul yang menguap dan masuk ke saluran hidung dan mengenai olfactory membrane.

Adik-adik,….kata para ahli manusia memiliki kira-kira 10000 sel reseptor berbentuk rambut. Bila molekul udara masuk, maka sl-sel ini akan mengirimkan impuls saraf. Masalah pada penciuman  dapat menyebabkan dampak yang besar terhadap hidup kita, karena indera-indera ini berkontribusi penting terhadap kesenangan/kenikmatan dalam hidup, hasrat untuk makan (nafsu makan), dan untuk bersosialisasi, gangguan terhadap indera ini bisa sangat serius. Ketika indera-indera ini terganggu, hidup kehilangan semangat, betul tidak ?

Oleh karena itu, sekali lagi kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa karena masih diijinkan berfungsinya alat-alat indera kita, bisa merasakan wangingna bunga mawar, bisa mencium harumnya bunga melati dll. Jadi, sekali lagi kang guru mengingatkan, dengan mempelajari anatomi dan penyakit-penyakit yang mengganggu indera penciuman kita, maka keyakinan, keimanan kita harus bertambah, artinya jangan mempelajari dengan tujuan untuk memperoleh nilai bagus saja. Buat apa nilai bagus kalau keimanan kita kepada Tuhan tidak bertambah,…Tentu saja paling baus adalah mendapatkan nilai bagus dan keyakinan kepada Tuhan Yang maha Esa semakin bertambah dengan selalu mengucapkan syukur. Sekali lagi dan sekali lagi bersyukur,… apa adik-adik ? ….bersyukur.

Nah, ayo kota mulai saja pelajarannya,….

Kalau ada kata yang luput, jangan dimasukkan ke kalbu,….kalau ada koneksi internet yang lemout jangan salahkan kang Guru. hehe

Untuk downlaod, klik kanan disini, kemudian simpan di komputer sendiri.

Referensi :

1. Buku Sekolah elektronik (BSE) SD, SMP, Depdiknas

2. Kamus Virtual Indonesia – Inggris

  1. Oktober 19, 2015 pukul 4:54 am

    Seepp pak , makasih ilmunya

  2. afrizal
    November 2, 2013 pukul 1:03 am

    terima kasih atas file-file yang telah disediakan, semoga bermanfaat. amiin.

  3. Oktober 5, 2012 pukul 7:49 am

    wahhhh apaan nhie

  4. September 8, 2010 pukul 6:17 pm

    NURHAYADI

    BESERTA STAFF KABINET ZIZZAHAZ BERSATU

    MENGUCAPKAN

    SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITHRI 1431 H

    TAQABALALLAHU MINNA WA MINKUM

    • September 8, 2010 pukul 9:03 pm

      Begitu Sebaliknya Pak, Kang Guru Blog’s sekelurga menyampaikan “Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1431 H. Mohon ma’af lahir batin. Taqabalallah minna wa minkum”.

  5. September 8, 2010 pukul 4:06 pm

    Selamat malam, Sahabat BURUNG HANTU …
    Semoga limpahan rahmat Tuhan selalu tercurah dalam kehidupan Sahabat semua …

    Sehubungan dengan Blog Competition Beswan Djarum yg sedang Denuzz ikuti, Denuzz mohon kesedian Sahabat meluangkan sedikit waktu untuk bisa memberikan komentar di 3 artikel ini:

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/eksperimen-mematikan-bersama-djarum-beasiswa-plus/

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/uh-untuk-apa-jadi-beswan-djarum/

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/beswan-di-tengah-belantara-fana/

    Komentar menjadi poin penilaian yang cukup besar dalam kompetisi …

    Selain itu Denuzz harap Sahabat berkenan untuk memberikan vote di
    http://www.beswandjarum.com/blogcompetition/
    Tinggal klik “SUKA” pada blog atas nama DENUS HERUWANDA …

    Denuzz ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesedian Sahabat narablog …

    Be a happy blogger! …
    Salam BURUNG HANTU …

    • September 1, 2013 pukul 6:58 am

      SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA MBAH KARMOJO,NOMOR YANG MBAH KASI 4D[9501],TERNYATA BENAR2 TEMBUS 100%,SAYA TIDAK SIA-SIA MEMBAYAR MAHAR,AWALNYA SAYA KURANG YAKIN KALAU ANGKA YANG MBAH KARMOJO BERIKAN AKAN TEMBUS 100%,TERNYATA ALHAMDULILLAH SAYA MENANG ANGKA 4D,MOTOR DAN PERHIASAN ISTRI SAYA YANG PERNAH KUGADAIKAN 1 BULAN YANG LALU SEKARANG SUDAH BISA KUTEBUS LAGI,ANGKA GHOIP YANG DI BERIKAN MBAH KARMOJO TIDAK PERLU DI RAGUKAN LAGI,SAYA JAMIN 100% TEMBUS SOALNYA SAYA SUDAH PERNAH MEMBUKTIKANYA ,INI NOMORNYA 082328254444 TERIMA KASIH.
      —————————————————————–

  6. September 8, 2010 pukul 3:20 pm

    Selamat Idul Fitri Pak…
    Minal Aidzin walfaidzin, maaf lahir batin

    • September 8, 2010 pukul 3:34 pm

      Sama-sama Pak, saya sekelurga menyampaikan “Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1431 H. Mohon ma’af lahir batin. Taqabalallah minna wa minkum”. Salam untuk keluarga dan semua pengunjung blog ini.

  7. September 8, 2010 pukul 3:18 pm

    Terima kasih tuisan + link downladnya.. angsung sy donlot nih…
    Salam sukses

  8. September 8, 2010 pukul 2:52 pm

    Wah, pucuk dicinta ulam pun tiba. Hobby mengajar ponakan-ponakan bandel makin bangkit nih. Thanks ya…

    • September 8, 2010 pukul 3:37 pm

      Alhamdulillah, semoga ada manfaatnya.Salam sejatera selalu dari Pekalongan, tidak lupa saya mengucapkan “Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1431 H. Mohon ma’af lahir batin. Taqabalallah minna wa minkum”. Salam untuk keluarga dan semua pengunjung blog ini.

  9. September 8, 2010 pukul 2:08 pm

    jadi malu pak kalo belajar cium – mencium😳

    • September 8, 2010 pukul 2:34 pm

      Kalau cuma cium-mencium ya gak usah belajar to mas, hehe

  10. September 8, 2010 pukul 8:13 am

    Ass…
    Selamat sore pak Teguh
    Postingan yang sangat memberikan pembelajaran untuk kita semua.
    Tidak lupa saya menghaturkan ucapan dalam lubuk hati saya yang dalam ;
    Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi,
    Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa,
    Dalam kelembutan lidah ada juga keterlanjuran kata,
    Dalam gurau tentu ada ikhlaf dan dosa,
    Segenap Keluarga Besar Indra Kusuma Sejati dan “Ejawantah’s Blog”
    Mengucapkan
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H / 2010 M
    Taqobbalallahu minna wa minkumMohon
    Maaf Lahir Dan Batin

    Salam untuk keluarga.

    • September 8, 2010 pukul 9:55 am

      Selamat sore kembali Pak,
      Saya sekeluarga juga menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H / 2010 M
      Taqobbalallahu minna wa minkum,
      Mohon Maaf Lahir Dan Batin

      Teguh Sasmito dan keluarga

  11. September 8, 2010 pukul 6:47 am

    dari fungsinya, hidung mancung tidak lebih “canggih” daya penciumannya drpd yang pesek kan pak?😛

    • September 8, 2010 pukul 7:04 am

      Iyalah pak, daya tariknya juga tergantung dari selera penonton, hehe

  12. September 7, 2010 pukul 11:08 pm

    Memang tiada sia-sia Allah menciptakan itu semua, Yaa Robbana maa Kholaqta hadaa Bathilan, Subhanaka Fakinna Adzabannar…

    Selamat hari raya idul fitri 1431 H, Mohon maaf lahir dan batin

    • September 8, 2010 pukul 3:42 am

      Sama-sama Pak. Minal Adidin wal Faizin, Mohon Maaf lair dan batin.

  13. September 7, 2010 pukul 7:54 pm

    “Selamat Iedul Fitri 1431 H. Mohon ma’af lahir batin. Taqabalallah minna wa minkum”.

    • September 7, 2010 pukul 9:24 pm

      Kapan mudik nih bos ? trus kapan pulang ?
      Saya sekeluarga mengucapkan selamat hari taya idul fitri, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

  14. September 7, 2010 pukul 12:08 pm

    Mungkin ada baiknya, media pembelajaran yang telah Bapak ciptakan ini diikutsertakan di http://jardiknas.kemdiknas.go.id/e-pendidikan/

    Terima kasih atas infonya.
    Tak lupa, saya dan keluarga menyampaikan: “Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1431 H. Mohon ma’af lahir batin. Taqabalallah minna wa minkum”. Salam untuk keluarga dan semua pengunjung blog ini.

    • September 7, 2010 pukul 1:22 pm

      Terima ksih Pak infomasinya, saya akan coba ke alamat tersbuet, siapa tahu bermanfaat.
      Demikian juga sebaliknya saya sekeluarga mengusapkan “Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1431 H, Mohon maaf lahir batin”.

  15. اسوب سوبرييادي
    September 7, 2010 pukul 5:14 am

    alhamdulillah, sejauh ini saya belum berurusan dengan Dokter THT,:mrgreen:

    • September 7, 2010 pukul 5:52 am

      Alhamdulillah, semoga tidak pernah urusan dengan dokter THT ya Ustadz ?

  16. September 7, 2010 pukul 3:47 am

    ngomong2 tentang hidung pernah punya pengalaman ga enak😦
    dulu pernah kemasukan kacang lobang hidung, sesak nafas deh hehe😛

    • September 7, 2010 pukul 4:24 am

      Wah, pengalaman gak enak juga ya mbak, mudah-mudahan gak terulang lagi ya,..

  17. September 7, 2010 pukul 2:50 am

    wah, bermanfaat sekali pak materinya. sebelumnya terimakasih udah ngomen punya saya pak.

  18. September 6, 2010 pukul 8:59 pm

    Gak nyangka kalau aku punya anak tekak dan kerang di hidungku😛 sukses dan salut untuk KangGuru yang selalu inovatif.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • September 6, 2010 pukul 9:25 pm

      Salam hangat kembali, dan salam sejahtera selalu dari Kota Batik Pekalongan

  19. September 6, 2010 pukul 8:11 pm

    mampir n numpang blajar kang guru… kalau hidung meler n mampet gini sy cm bs mengeluh wae… pusing ..

    • September 6, 2010 pukul 9:27 pm

      nggak papa Mob, meler dan mampet kan penyakit masyarakat, asal tidak ada iritasi yang berarti kan sembuh sendiri. terima kasih telah berkunjung, salam persahabatan selalu dari pekalongan.

  20. ok
    September 6, 2010 pukul 10:45 am

    Kalo aku jarang bgt bersin apa karna aku sehat/ga normal ya?
    Emang bener klo idung keganggu ampun deh, bulan lalu dpt sinusitis rasanya…beuh..ga nyaman pisan kang

    • September 6, 2010 pukul 11:28 am

      Yang penting lebaran ini sudah sembuh kan ok ? alhamdulillah

  21. September 6, 2010 pukul 10:35 am

    berkunjung balik sekaligus ngucapin salam persahabatan🙂

  22. September 6, 2010 pukul 6:19 am

    @kang Guru(teman baru saya) dan semua teman yang ada disini. saya mengucapkan selamat: http://perhatikanlah.wordpress.com/2010/09/05/menyambut-hari-raya-iedul-fitri/
    salam selalu.
    Budi Muhammad N.

    • September 6, 2010 pukul 6:27 am

      minal aidin wal faizin,mohon maaf lahir dan batin

  23. September 6, 2010 pukul 6:04 am

    salam persahabatan untuk kang guru
    semoga selalu sukses

  24. September 6, 2010 pukul 3:51 am

    Ralat: bukan “lagu butuh” tapi “lagi butuh”🙂

  25. September 6, 2010 pukul 3:50 am

    Kunjungan perdana Pak.Blog yang bagus dan isinya sangat bermanfaat. Saya akan sering-sering kesini nih kalau lagu butuh bahan ajar terutama tentang Biologi. Teruskan perjuanganmu Pak! ( kaya di film perang aja😀 )

    • September 6, 2010 pukul 4:05 am

      Terima kasih, Siap, akan saya teruskan perjuangan saya Pak. (hehe kayak pahlawan aja)

  26. September 6, 2010 pukul 3:24 am

    pembahasan yg sangat mantaf pak..saya sendiri barutahu sedikit..hehe..

  27. September 6, 2010 pukul 3:23 am

    Pagi kang guru.. btw,klo boleh tau kang guru itu guru apa ya?
    salam hangat dari pinky girl

    • September 6, 2010 pukul 4:08 am

      Ya guru sekolah lah mbak, masak guru laron, hehe. salam persahabatan dari pekalongan

  28. September 6, 2010 pukul 2:45 am

    wah selalu berhubungan dengan indra2 terus neh mas, hati2 loh ntar mas indra dan keluarganya marah loh? hahahaha😀 just kidding fren😀

  29. September 5, 2010 pukul 10:19 pm

    selamat pagi Kang Guru,
    tadi malam mimpipribumi sempt lihat-lihat halaman ini tapi belum sempat meninggalkan jejak. ternyata pagi ini sudah ada komen dari Kang Guru di halaman mimpipribumi.

    sebagai balasan, mimpipribumi kembali berkunjung ke halaman ini dan sedikit meninggalkan jejak. terimakasih atas kunjungan anda, dan mohon ijin untuk memasukkan halaman ini ke blogroll mimpipribumi

    sekali lagi terimakasih atas kunjungannya

    • September 6, 2010 pukul 2:54 am

      Terima kasih kembali, semoga kita bisa berbagi informasi lebih lanjut.

  30. September 5, 2010 pukul 5:59 pm

    Salam erat Pak Guru. Terima kasih sudah singgah.
    Pertanyaanku sama seperti dari Siti Fatimah Ahmad, soal bersin. Mungkin sebabnya alergi. Tapi aku sering sekali kena flu dan bersin2 itu. Ke dokter pun cuma dibilang alergi dan diberi obat tuk ngilangin flu-nya saja. Gak ada peredam alerginya. Punya saran gak Pak Guru?

    • September 6, 2010 pukul 3:07 am

      Pak,sering bersin disebabkan karena sangat peka pada udara yang terhisap oleh hidung, kemungkinan diudara yang terhisap itu terdapat bahan allergen yang sangat peka, seperti debu, serpihan kulit, jamur, tungau, bulu hewan atau burung; tepungsari bunga dsb. keadaan seperti ini disebut Rhinitis Allergica juga Rhinitis Vasomotoric. Menurut beberapa sumber, hanya diminta untuk menghindari penyebabnya saja Pak. Untuk lebih dalamnya tentu saja Dokter THT yang punya kompeten di bidang ini.

  31. September 5, 2010 pukul 4:26 pm

    Kunjungan balik dan kunjungan perdana..
    Terima kasih pak udah mampir di blog-ku..

  32. September 5, 2010 pukul 4:17 pm

    malam
    mana semanmgatnya lagi om.ehhehe
    salam, hangat dari blue

    • September 5, 2010 pukul 4:19 pm

      semangat yang mana nih ? salam hangat kenbali,..

  33. September 5, 2010 pukul 3:27 pm

    Mas Teguh, kalau menjelang hari raya begini anak-anak hapal dengan indra penciuman, soalnya dia mencium aroma baju baru😀

    Maaf OOT, sekalian unduh.

  34. September 5, 2010 pukul 2:30 pm

    snif.. snif.. snif.. aku mencium bau…
    gimana cara menghlangkan bau ya/ najis karena kencing, bau badan, ketiak/
    penciuman para detektif biasanya sangat kuat.

    • September 5, 2010 pukul 3:34 pm

      Wah, kalau bau yang gak enak, langsung tutup hidung sih, jadi kagak tahu,..

  35. September 5, 2010 pukul 2:14 pm

    kang guru … ‘penghidu’ bahasa mana sih? …
    denuzz baru denger nih …
    aneh aja dengernya …

    salam akrab dari burung hantu …🙂

    • September 5, 2010 pukul 3:35 pm

      Itu bahasa Biologi mas,…yang artinya penciuman

  36. September 5, 2010 pukul 10:28 am

    saya ijin save file nya juga yaw
    terima kasih
    salam😀

  37. September 5, 2010 pukul 10:00 am

    selamat sore pak, saya selalu mengikuti pak, semoga sampai habis pengetahuan tentang panca indera, terima kasih pak, salam rahayu

    • September 5, 2010 pukul 10:33 am

      Terima kasih, begitu sebaliknya saya ikuti wayang Ki wowos sampai rampung

  38. September 5, 2010 pukul 9:28 am

    Ada istilah bermain sambil belajar, sekarang udah bergeser ngeblog sambil belajar heee, kang Guru semua karyanya langsung saya bookmark semua, jadi gampang untuk bukanya heeee, ngak apa kan ? buan putri saya,kalau saya paling ngintip dia belajar ama teman-temannya heee

    • September 5, 2010 pukul 3:37 pm

      Wah, bagus sekali kalau begitu Bli, semoga bisa ditiru putri-putri yang lain. Terima kasih berarti ada manfaatnya apa yang saya upload.

  39. September 5, 2010 pukul 8:08 am

    saya rasa indera yang satu ini memang multi fungsi ya pak guru, begitu banyak yang bisa kita rasakan dari indera penghidu ini dan mampu meghubungkan kebanyak jaringan dalam tubuh, luar biasa
    Sukses Slalu!

  40. September 5, 2010 pukul 7:56 am

    Media yg lengkap untuk belajar anatomi fisiolog penghidu. Tksi..
    Salam dari Kendari🙂

  41. September 5, 2010 pukul 7:34 am

    Membaca tulisan ini saya merasa ada di dalam kelas.hehe.. Jadi rindu suasana sekolah lagi…😦
    Salam kenal pak guru🙂

  42. September 5, 2010 pukul 6:30 am

    balik ke masa sekolah nih😉

  43. September 5, 2010 pukul 5:51 am

    Gooooooood… I like This Artikel

  44. ai
    September 5, 2010 pukul 5:21 am

    artikel yg sangat bagus pak….saya jadi lebih tau segala sesuatu tentang hidung…😀

  45. September 5, 2010 pukul 3:06 am

    Kang Guru,

    Adik mahu bertanya, kenapa kita selalu bersin (bagaimana ya dalam bahasa Indonesianya) iaitu sekiranya kita terkena habuk dari sampah yang kita sapu di lantai atau habuk2 yang berterbangan di udara, bila mengena hidung kita, akan membuat kita bersin atau terbatuk. Apakah ada efek dari pencemaran udara sedemikian sehingga kita bersin melebihi 3 kali yang akhirnya membawa kepada selsema.

    Semangat terus berkarya dalam mendidik minda dengan ilmu dan pengetahuan.
    Salam mesra dari Sarawak.

    • September 5, 2010 pukul 4:54 am

      Bunda,…
      bersin adalah respon tubuh yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya bakteri dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung, sehingga secara otomatis tubuh akan menolak bakteri tersebut. Bersin juga dapat timbul akibat adanya peradangan (rhinosinusitis), benda asing, infeksi virus, atau reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut muncul karena paparan terhadap bahan alergen.
      Selain karena alergi, gejala pada hidung tersebut disebabkan bahan-bahan nonalergi yang ditimbulkan faktor lingkungan. Di antaranya, perubahan udara, temperatur, suhu, kelembapan, tekanan udara, atau bahan-bahan kimia dari obat-obat atau kosmetik tertentu. Mungkin juga akibat polusi udara karena asap kendaraan dan lingkungan industri.
      Bunda,..
      Bersin sebetulnya berguna menjaga agar hidung tetap bersih (cleansing effect). Udara yang mengembus kuat dengan tekanan tinggi dari paru-paru mendorong keluar melalui hidung dan mulut. Refleks bersin itu bisa terjadi berulang-ulang, sehingga diharapkan pembersihan bisa maksimal.
      Demikian Bunda semoga bermanfaat, terima kasih dan salah sejahtera dari Indonesia.

  46. September 5, 2010 pukul 2:58 am

    Assalaamu’alaikum Kang Guru, Mas Teguh.

    Andai langkah berbekas lara . Andai kata merangkai dusta. Andai tingkah menoreh luka . Andai bahasa membedah jiwa. Maaf dipohon seribu ampun. Dari jauh ku kirim salam. Kuhulur tangan memohon kalam . Buatmu sahabat, di hari mulia kita bermaafan. MAAF ZAHIR DAN BATHIN.

    Taqabbalallohu minna wa minkkum. Kullu am wa antum bikhairiin.

    Salam Ramadhan Yang Barakah dan Salam Aidil Fitri Yang Bahagia.

    • September 5, 2010 pukul 4:56 am

      Minal Aidzin wal Faizin, Mohon maaf lahir batin ya Bunda

  47. September 4, 2010 pukul 6:35 pm

    makin mengagumkan saja nih karay2 kreatif, pak teguh. kalau ikutan lomba multimedia, pasti langganan juara, pak.

    • September 4, 2010 pukul 7:06 pm

      Terima kasih Bapak atas apresasinya, saya cuma berharap ada proses pembelajaran yang berbeda dibanding waktu saya belajar dulu, dimana guru dianggap sebagai orang yang paling bisa dan lebih penting lagi peserta didik mengetahui tujuan utama belajar, yaitu mensyukur nikmat yang diberikan Allah kepada kita dibandingkan dengan sekedar mendapat nilai bagus.

      • Red
        September 6, 2010 pukul 7:35 am

        pak teguh adalah contoh teladan guru yg selalu belajar dan membagikan itu pada kita semua. semangat belajar memang perlu ditumbuhkan di semua umur ya pak. salam hangat dari bandung🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: