Beranda > Media Pembelajaran > Mengenal Indera Pengecap

Mengenal Indera Pengecap

Assalamualaikum,……Wow kita jumpa lagi setelah satu minggu berlebaran.

Bagaimana kabar adik-adik ? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat, sejahtera, dan tentu saja masih setia bersama kang guru.

Nah, Apa yang telah kita peroleh setelah satu bulan puasa ? tentu saja ibadah kita, amalan kita,  tingkah laku kita, percakapan,  dan yang bernilai kebaikan semoga akan meningkat. Amin.

Kebetulan sekali pada posting alat indera yang terakhir ini kang guru hadirkan salah satu alat indera yang sangat spesial, yaitu indera pengecap atau lidah.

Tahu Lidah ? ….ya, Lidah merupakan sepotong daging tidak bertulang yang terdapat di dalam rongga mulut manusia dan hewan yang berfungsi utama sebagai indera pengecap dan organ komunikasi yang amat penting. Ia terLetak di dalam rongga mulut warnanya merah dan dipagari dua baris gigi yang mengisyaratkan supaya manusia berhati-hati menjaga lidah dan apa yang diucapkan lidah. Lidah merupakan organ tubuh yang paling mulia setelah hati, kedudukannya ibarat juru bicara. Lidah merupakan organ tubuh yang selalu lunak, lembut dan senantiasa basah.

Berdasarkan letak dan susunan anatomi lidah, paling tidak ada tiga fungsi lidah, yaitu indera pengecap, sebagai organ pencernaan dan organ pembentuk huruf (organ komunikasi). Lidah tersusun dari otot-otot dan dipemukaannya dilapisi lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjer lendir. Selain itu terdapat reseptor pengecap berupa kuncup.

Kuncup pengecap pada lidah dapat membedakan empat macam rasa yaitu rasa manis, asin, asam dan pahit. Kuncup rasa manis lebih banyak terdapat di ujung lidah, kuncup rasa asin lebih banyak terdapat di tepi depan kiri kanan lidah, kuncup rasa asam banyak terdapat di tepi belakang kiri kanan lidah dan kuncup rasa pahit banyak terdapat di pangkal lidah. Oleh sebab itu, rasa pahit  selalu terasa di pangkal lidah.

Seperti halnya indera yang lain, pengecapan merupakan hasil stimulasi ujung saraf tertentu. Dalam hal mampu membedakan kelezatan makanan tertentu karena terdapat stimulasi kimiawi. Pada manusia, ujung saraf pengecap berlokasi di kuncup-kuncup pengecap pada lidah. Kuncup-kuncup pengecap mempunyai bentuk seperti labu, terletak pada lidah di bagian depan hingga ke belakang.

Berbeda dengan alat indera yang lain, penyakit lidah tidak hanya penyakit yang disebabkan akibat bakteri, jamur, atau virus, tetapi lidah itu sendiri ternyata bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi manusia khususnya.

Seorang dokter bedah syaraf  terkenal dari Korea Dr. Cho mengatakan bahwa pusat kemampuan bicara di dalam otak kita menguasai seluruh jaringan urat syaraf  yang lainnya?”.  Apa maksudnya ? Jika seorang berkata kepada dirinya sendiri, “saya tidak mampu!” maka pusat syaraf otak kita akan memerintahkan kepada seluruh syaraf dalam tubuh untuk menerima berita itu dan melaksanakannya. Akibatnya sikap mental dan fisik orang tersebut akan menjadi lemah.

Sebagai salah satu organ komunikasi pada manusia, lidah juga dapat berperan mendekatkan seseorang kepada Allah Yang Maha Besar. Karena lidah, seseorang menjadi hamba yang mulia. Namun bila lidah tidak dikelola dengan baik maka organ tubuh yang lembut bahkan bisa mengantarkan pemiliknya ke lembah kehinaan. Karena itulah  lidah yang tidak terjaga, sang pemiliknya bisa bergelimang dosa, sehingga ia menjadi manusia yang celaka. Bahkan Lidah bisa pula menjadi sarang pembuat dosa, bila ia tak terkendali.

Oleh karena itulah, Sehabis lebaran ini semoga kita bisa menjaga lidah kita baik dari penyakit akibat virus maupun penyakit yang ditimbulkan oleh lidah itu sendiri. Imam Al Ghazali dalam bukunya yang terkenal ” Ihya Ulumuddin” menyebutkan dua puluh macam dosa yang disebabkan oleh karena lidah yang tidak terjaga. Subhanallah, semoga kita terhindar dari dua puluh macam dosa tesebut.

Nah,..untuk menghafal respon lidah terhadap rasa dari ujung lidah depan ke belakang kita gunakan saja kata : M A A P ==> artinya : M = manis,  A = asin,  A = Asam ,  P = pahit.

Okey, ….Yuk  kita pelajari saja anatomi  mulut, lidah, dan kuncup lidah sebagai pembeda rasa manis, asin, asam, dan pahit agar kita selalu bisa bersyukur,  supaya kita lebih hati-hati dalam berbicara, seperti sabda Nabi Muhammad s.a.w. yang artinya ” Semua hal yang dibicarakan oleh seseorang hamba bisa mencelakakanya, kecuali tiga jenis ucapan : mengingat Allah, amar ma’ruf nahi munkar, dan menyelesaikan masalah di antara dua orang mukmin. Maha Suci Allah yang telah menganugerahi manusia dengan sepotong lidah.

O,..ya, adik-adik…untuk simulasi kali ini kang guru sengaja memasang batas waktu untuk mengerjakan, artinya kita disuruh mengulang bila batas waktu yang kang guru tentukan (yaitu 5 menit) tidak terpenuhi  jawaban yang diinginkan.

Ingin Mencoba ?…..tunggu loadingnya.

Ingin  download  ? klik kanan saja  disini dan simpan dalam komputer Anda.

..

Mohon maaf untuk pengunjung blog, menu tema blog kang guru ada perubahan, karena untuk blog fisika akan kang guru khususnya bagi siswa SMA menjadi blog tersendiri.

  1. Oktober 16, 2015 pukul 7:43 am

    Pelajaran waktu SD tuh … makasih pak ilmunya

  2. Desember 16, 2014 pukul 6:33 pm

    makasih atas berbagi infonya

  3. Desember 16, 2014 pukul 6:31 pm

    nyimak ghan ,,

  4. September 9, 2014 pukul 5:43 am

    Greetings Family Harmony Furniture Jepara Need Contact Us. Istana Mebel Jepara….
    Furniture Jepara

  5. Juli 8, 2014 pukul 4:13 pm

    nyimak gan,,

  6. Juli 1, 2014 pukul 3:53 pm

    nyimakgan

  7. Oktober 19, 2013 pukul 8:05 pm

    terimah kasih,,.infonya sangat membantu saya,,.
    karena dengan informasi yang anda posting saya lebih tahu tentang seluk beluk lidah,,.

  8. Juli 26, 2013 pukul 7:47 am

    Informasinya keren, bagus dan menarik gan…

  9. April 9, 2013 pukul 5:34 am

    Mantab sekali gan informasi anda, salam kenal dari Furniture Jepara

    • September 1, 2013 pukul 6:41 am

      SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA MBAH KARMOJO,NOMOR YANG MBAH KASI 4D[9501],TERNYATA BENAR2 TEMBUS 100%,SAYA TIDAK SIA-SIA MEMBAYAR MAHAR,AWALNYA SAYA KURANG YAKIN KALAU ANGKA YANG MBAH KARMOJO BERIKAN AKAN TEMBUS 100%,TERNYATA ALHAMDULILLAH SAYA MENANG ANGKA 4D,MOTOR DAN PERHIASAN ISTRI SAYA YANG PERNAH KUGADAIKAN 1 BULAN YANG LALU SEKARANG SUDAH BISA KUTEBUS LAGI,ANGKA GHOIP YANG DI BERIKAN MBAH KARMOJO TIDAK PERLU DI RAGUKAN LAGI,SAYA JAMIN 100% TEMBUS SOALNYA SAYA SUDAH PERNAH MEMBUKTIKANYA ,INI NOMORNYA 082328254444 TERIMA KASIH.
      —————————————————————–

  10. April 9, 2013 pukul 5:31 am

    Terima kasih pak guru, informasi anda sangat bagus dan bermanfaat bagi keluarga di Indonesia

  11. Maret 4, 2013 pukul 3:35 pm

    mari jaga lidah kita dengan vitamin

  12. Januari 29, 2013 pukul 12:58 pm

    kesehatan

  13. Desember 21, 2012 pukul 6:29 pm

    mantab gan,,,

  14. Desember 21, 2012 pukul 6:26 pm

    mantab gan..

  15. November 1, 2012 pukul 1:23 am

    mksh infonya..
    smga dapat menambah manfaat pgetahuan kita

    • Maret 10, 2013 pukul 8:56 pm

      MAAF SAYA HANYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA ANDA YANG PENGGILAH TOGEL KALAU , AWALNYA ITU SAYA CUMA PENJUAL KERUPUK KELILIN YANG PENDAPATANNYA TIDAK SEBERAPA., SAYA PUNYA TIGA,ANAK DAN HUTAN KAMI PUN TAMBAH MENUMPUK, ANAK JUGA BUTUH BIAYA SEKOLAH,DAN AKHIRNYA SAYA DIPERTEMUKAN DENGAN NOMOR HP MBAH JENGGOT , DAN MENCERITAKAN SEMUANYA,AKHIRNYA SAYA DI KASIH ANGKA GHOIB 4D, YAITU [3327 ] ALHAMDULILLAH ITU PUN TEMBUS,DAN DENGAN ADANYA BANTUAN DARI MBAH JENGGOT , SEMUA HUTANG SAHUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARANG INI SAYA SUDAH BUKA USAHA SENDIRI!!! INI KISAH NYATA DARI SAYA DAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN. SENDIRI,BAGI YANG BERMINAT HUB MBAH JENGGOT DI NOMOR INI ; 082-333-999-868

  16. Juli 20, 2012 pukul 8:24 am

    Bagus banget infonya..
    jika Jika ibu menginginkan furniture untuk mengisi ruangan rumah anda atau untuk dijual lagi, anda dapat memesan melalui kami. silahkan berkunjung di website kami :
    http://www.furnitureantik.com/ Furniture Mebel Jepara!

  17. Maret 29, 2012 pukul 3:43 pm

    info yang bermanfaat bos,,,,makasihhhh

  18. Maret 25, 2012 pukul 7:18 pm

    wak infonya very good… takz za atas infonya…

    jngn lupa mampir… http://ukirjepara.com sekalian tukeran link…

  19. Februari 19, 2012 pukul 7:54 am

    lidah tak bertulang…..tapi jangan sampai menyakitkan hati klo bicara…karena itu senjata yang paling tajam…

  20. Februari 19, 2012 pukul 7:51 am

    menarik gan infonya…..thanks
    kunjungi rumahjepara.com

  21. Desember 22, 2011 pukul 10:42 am

    wah….lidah cp itu? ap pny kita ya….

  22. Desember 12, 2011 pukul 7:52 pm

    makasih banyak pak…
    salam kenal…

  23. Oktober 19, 2011 pukul 7:54 am

    infonya sangat bermanfaat bagi saya.
    makasih banget ya pak.

  24. Oktober 19, 2011 pukul 7:50 am

    numpang ngopi pak guru!
    boleh kan?.hehehe.

  25. September 14, 2011 pukul 4:08 pm

    Whats up, pleasant website. I really like your design. I just finished cosmetic school and would like to launch my own weblog. Thanks for the excellent publish!

  26. September 14, 2011 pukul 1:51 am

    This is usually a awesome and wonderful read. Your blog is written in a manner it’s so easily readable and understand. I AM a lover of your website. Thank you sharing this data.

  27. Agustus 2, 2011 pukul 2:19 pm

    sangat bagus infonya sob……………..

  28. Juli 28, 2011 pukul 3:05 pm

    makacih bgt pak materinya bgs..

  29. Juli 19, 2011 pukul 4:26 pm

    lidah tak bertulang….. hehe

  30. Juli 3, 2011 pukul 4:14 pm

    makasih…. mungkin bentar lagi puasa kita harus bisa jaga lidah kita dari perbuatan yang tercela

  31. Mei 29, 2011 pukul 3:47 pm

    Wah Mantab infonya agan thanks before visit at our web company http://www.jatijepara.com/ Yuk tukeran link agan

    • Mei 29, 2011 pukul 3:59 pm

      Terima kasih telah berkunjung ke blog saya….salam dari pekalongan, semoga kita bisa berbagi informasi.

  32. nourma
    April 2, 2011 pukul 6:09 am

    makasi bgt ya pak ats materix n media pembelajaran intraktifx..
    pas bgt bwt bhan microtheacing sy….

  33. Maret 8, 2011 pukul 10:25 pm

    Terimakasih pak, blog yang bermanfaat!

  34. Februari 26, 2011 pukul 12:32 am

    Salam kenal Pak, sangat membantu ane nih blognya
    terimakasih banyak

  35. September 30, 2010 pukul 1:53 pm

    It’s the very thing i want to catch. Thanks!

  36. September 25, 2010 pukul 3:57 pm

    Kang Guru… sy minta alamat blog khusus fisika-nya kang Guru donk…

    • September 25, 2010 pukul 6:15 pm

      Maaf Pak, masih dalam penyempurnaan, bila sudah selesai pasti saya link dari sini. Terima kasih telah berkunjung

  37. September 25, 2010 pukul 3:54 pm

    Sy selalu mendapatkan media pembelajaran yg bagus disini, terima kasih kang guru.

    • September 25, 2010 pukul 6:17 pm

      Sama-sama pak, terima kasih juga kunjungannya dan salam persahabatan selalu dari Pekalongan

  38. September 25, 2010 pukul 2:18 am

    Assalaamu’alaikum pak
    seharusnya kita memanjatkan kesyukuran kerana kita sudah sebaik2 dicipta oleh-NYA. Lidah bukan sahaja membuatkan kita merasa kelezatan makanan, bahkan melaluinya kita dapat mengeluarkan kata-kata.

    • September 25, 2010 pukul 5:02 am

      Betul mama, terima kasih dan salam persahabatan dari Pekalongan-Indonesia

  39. September 23, 2010 pukul 5:56 pm

    Lidah bisa melafadzkan dzikir, bisa untuk membaca doa namun bisa juga untuk memfitnah, mengadu domba sesama saudara

    • September 25, 2010 pukul 5:00 am

      Dengan lidah pula seseorang menjadi tinggi atau rendah derajatnya ya pak.

  40. September 23, 2010 pukul 12:39 pm

    siap terima kasih keterangan ini hehehe sangat mencerahkan
    terima kasih
    eh mohon maaf lahir bathin pak dhe walau telat

  41. September 23, 2010 pukul 11:04 am

    ayooo temen-temenku tersayang! tingkatkan pahala kalian dengan membaca artikel yang saya buat dan memberikan komentar dan LIKE kalian pada blog saya : http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/08/24/welcome-to-the-next-city-2010-%E2%80%9Cjelajah-kota-depok-2010%E2%80%9D/ !!! jangan lupa yaaa… makasiiih ^_^

  42. September 23, 2010 pukul 9:09 am

    Assalaamu’alaikum Kang Guru..
    Adik hadir untuk mendapat ilmu baru dari Kang Guru. Sayangnya, masih belum ada pelajaran baru lagi ditampilkan. Apa masih sibuk atau sedang memikirkan pelajaran seterusnya ? Maklumi ya, Mas Teguh kalau postingnya sudah dipaparkan.

    Salam mesra dari Sarawak.😀

    • September 24, 2010 pukul 4:42 am

      Wah, maaf bunda,..mudah-mudahan satu dua hari lagi sudah saya posting,…terima kasih kunjungannya. salam persahabatan dari pekalongan-Indonesia.

  43. September 22, 2010 pukul 9:06 am

    Memang lidah tak bertulang😆 segala macam dosa dan kebaikan bisa dilakukan oleh lidah. Juga gara-gara lidah orang bisa terjerus ke hal yang nista.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  44. September 21, 2010 pukul 4:18 pm

    lidah saya sering banyak dipengaruhi suasana hati Kang. Kalau lagi gundah, semua makanan cuma punya satu rasa : pahit.

    • September 22, 2010 pukul 12:46 am

      Masih lumayan sobat ada rasanya meskipun pahit, kalau saya lagi gundah malah kagak punya nafsu makan,….

  45. September 21, 2010 pukul 3:38 pm

    lidah itu tumpul, tapi bisa setajam samurai!

    • September 22, 2010 pukul 12:44 am

      Bukan cuma tumpul sobat, tapi juga licin dan kenyal. Betul kata bang haji Rhoma Irama lidah itu sangat tajam,……kalau bicara jangan sia-sia, hehe

  46. September 21, 2010 pukul 2:40 pm

    selamat malam pak , tentang pengertian lidah dari medis sampai sosial. tapi yang saya herankan lidah itu kok tidak bisa membedakan haram dan halal. misalnya kita makan buah jambu entah itu jambu yang beli atau yang nyolong, lidah tidak tau. yang penting rasa jambu hehehehehe maaf ini cuma guyonan
    salam rahayu

    • September 22, 2010 pukul 12:40 am

      Ki dalang ini ada-ada saja, kalau lidahnya hanoman, werkudoro, abimayu, ontorejo, ontoseno, sama gak Pak. Tapi jangan kuatir Pak, biar tidak bisa membedakan halal dan haram, besok di akherat katanya lidah akan bicara dengan sendirinya apa yang telah dimakan, Subhanallah. makanya kita disuruh menjaga dan mengendalikan itu Ki…

  47. September 21, 2010 pukul 2:25 am

    kang guru saya ikut belajar

    • September 21, 2010 pukul 3:26 am

      Selamat datang sobat baru, terima kasih telah berkunjung and semoga bisa berbagi informasi lebih lanjut

  48. September 20, 2010 pukul 8:33 pm

    Wah pak keyword yang mudah diingat MAAP
    sangat mudah untuk mengingatnya dann mungkin MAAP juga yang sering diucapkan mulut ketika berbuat salah🙂

    • September 21, 2010 pukul 12:23 am

      Mudah-mudahan begitu Pak, terima kasih telah berkunjung

  49. September 20, 2010 pukul 1:59 pm

    Kayaknya lidah saya sudah kebal Mas (sama seperti bunda Lily), kebanyakan makan kue lebaran😀

    Biasa Mas, langganan download.

    • September 21, 2010 pukul 12:24 am

      Hehe,..alhamdulillah lidahnya kebal Pak Aldy,….soalnya ada yang lidahnya kena pedas sedikit langsung sariawan.

  50. iiN
    September 20, 2010 pukul 12:56 pm

    wah info yang bermanfaat nih.. thx sharing & wejangannya.. hiii…

    -salam kenal pak-

    • September 21, 2010 pukul 12:25 am

      Salam kenal kembali, and terima kasih atas kunjungannya mbak Iin.

  51. September 20, 2010 pukul 11:54 am

    Wah, indera pengecapnya IPA bersanding dengan Ihya Ulumuddinnya Iman Ghozali

    • September 21, 2010 pukul 12:39 am

      Iya betul Pak, soalnya tujuan pendidikan bukan cuma mencerdaskan tetapi juga untuk meningkatkan ketaqwaan sehingga manusia selalu bisa bersyukur. Buat apa cerdas kalau kagak pernah bersyukur, jadinya sombong dong Pak. Mudah-mudahan dengan menyandingkan dua ilmu itu paling tidak ada keseimbangan antara ilmu dan agama, kalau bahasa kerennya Imptek dan Imtak,….salam persahabatan selalu dari Pekalongan.

  52. September 20, 2010 pukul 5:35 am

    Makasih pak tulisannya…sangat perlu nih dikaji

    • September 20, 2010 pukul 5:38 am

      Terima kasih pak bila berkenan mengkaji tulisan saya.

  53. Dangstars
    September 20, 2010 pukul 5:32 am

    Lidah memang tak bertulang pak,,jad harus betul menjaganyai

    • September 20, 2010 pukul 5:37 am

      setuju pak, semoga kita bisa menjaga dan mengendalikannya.

  54. September 20, 2010 pukul 5:27 am

    kalo lidah dah sariawan rasanya ilang indera pengecapku hihihi :p

  55. September 20, 2010 pukul 4:41 am

    ya ya ya ini penting sekali jadi kalo mau makan yang pahit2 bisa langsung dimasukkan ke bagian tengah lidah biar ga berasa ya kang?
    keren donk postingan pak guru

    • September 20, 2010 pukul 5:11 am

      Ya kagak apa-apa bila makanannya cuma ditaruh di tengah, lantas dikeluarkan lagi,..tapi kalau mau dimakan….ya harus lewat daerah pahit juga mbak gerhana. Biasanya orang kanan itu lidahnya kan main-main, kagak cuma diam, hehe..ada-ada saja nih mbak gerhana…

  56. September 20, 2010 pukul 4:01 am

    Lidah memang banyak manfaatnya, dan akan sangat bagus jika dimanfaatkan atau digunakan dengan baik dan benar,
    tapi jika digunakan untuk sesuat yang tidak baik/ sesuatu yang buruk, bisa menjebak dan membawa dampak buruk juga bagi orang itu!

  57. September 20, 2010 pukul 3:54 am

    Indera pengecap saya masih merindukan opor nih…
    Sejak lebaran belum ketemu opor🙂

    • September 20, 2010 pukul 4:14 am

      Yang penting lidahnya sehat, kagak opor juga enak kan …..hehe

  58. September 20, 2010 pukul 2:35 am

    indra yang satu ini, kalo lagi sensi ma orang, tajamnya bukan main y pak, padahal di inera yang satu ini nggak ada unsur logam, tapi malah bisa lebih tajam daripada pisau

    • September 20, 2010 pukul 2:53 am

      Ya itulah kekuatan lidah, meski tak bertulang dan hanya sekumpulan daging, tetapi kalau tak terkendali justru bisa menghilangkan daging dan hanya tinggal tulang.

  59. September 19, 2010 pukul 2:17 pm

    Assalaamu’alaikum Kang Guru..
    Adik kembali menyapa untuk menelaah ilmu bermanfaat yang disajikan di blog Kang Guru. Rugi kalau adik tidak ke mari kerana akan tertinggal segala ilmu yang perlu dipelajari.

    Hmm… tentang lidah ya. Satu pelajaran yang bagus buat manusia. lidah tidak bertulang tetapi selalu menyakitkan. kalau tergigit, sakitnya sangat pedih. malah ia juga satu alat bantu yang sangat berkesan buat manusia ketika bergaduh dan berbalah.

    kerana masing-masing manusia punya lidah, maka aktiviti “bertikam lidah” menjadi amalan manusia saat emosi keduanya tidak dapat dikawal lagi…hehehe.. tapi adik tidak berani mahu bertikam lidah dengan Kang Guru, nanti ketulahan. Ampun deh.. gurau aja.😀

    Salam mesra dari Sarawak.

    • September 20, 2010 pukul 2:56 am

      hehe, Bunda ini ada-ada saja. Terima kasih bunda semoga kita selalu terjaga dan bisa mengendalikan lidah. Salam mesra dari Pekalongan-Indonesia.

  60. September 19, 2010 pukul 10:27 am

    Wah terimakasih banyak Pak guru atas ilmu yang telah ditularkannya….
    saya banyak belajar dari Bapak …..
    kita itu harus bisa jaga lidah berarti ya Pak….ehmm…terimakasih banyak Pak…

    • September 19, 2010 pukul 10:58 am

      terima kasih kembali Pak, terima kasih atas kunjungannya

  61. September 19, 2010 pukul 2:55 am

    salam jumpa kembali untuk memburu ilmu alias sekolah gratis .

    semoga selalu bisa berkunjung dan bersilaturahmi untuk saling berbagi .

    semoga lidah tak salah berucap …tangan tak salah mengambil …kaki tak salah melangkah ….mata tak salah melihat …salah dan dosa hanyalah milik kita kebenaran hanyalah milikNya .

    • September 19, 2010 pukul 11:00 am

      Amin ya amin….terima kasih bapak telah berkunjung

  62. September 19, 2010 pukul 1:05 am

    mbah jadi anak sekolahan lagi kalau berkunjungn kesini, he he he

    thanks for ilmunya, kapan2 dibahas ilmu prikologi ya…

    • September 19, 2010 pukul 11:02 am

      Terima kasih mbah sudah berkunjung, untuk ilmu psikologi kalau boleh kasih materinya dong mbah,…

  63. September 18, 2010 pukul 11:27 pm

    Wahh pak Teguh memang berbakat menjadi Guru….
    Dan saya baru tahu kata Maap…bisa jadi singkatan Manis-Asin-Asam-Pahit.
    Sebagai manusia pada umumnya….maka rasa tsb setiap kali akan ada….dan lebih diperburuk jika kita tak bisa mengendalikan lidah kita.
    Semoga kita tetap dapat mengendalikan lidah kita, agar tetap berkata yang baik…agar membuat situasi tetap nyaman.

    • September 19, 2010 pukul 11:04 am

      Alhamdulillah, Bunda telah berkunjung kembali. Semoga sekeluarga tetap dalam lindungan Allah, amin

  64. Red
    September 18, 2010 pukul 6:58 pm

    seperti biasa.. pak tegih memang luar biasa!

  65. September 18, 2010 pukul 5:36 pm

    makin dahsyat share ilmunya, pak. insyaallah, nanti guru ipa di sekolah saya akan saya rekomendasikan utk mengunjungi blog ini. media pembelajaran yang pas teguh buat benar2 menarik utk digunakan dalam pembelajaran. selamat idul fitri ya, pak, mudah2an belum telat, mohon maaf lahir dan batin.

    • September 19, 2010 pukul 11:07 am

      Terima kasih Pak bila guru IPA bisa share di sini, semoga ada manfaatnya, dan yang penting ada yang saling mengoreksi demi kesempurnaan media,…

  66. September 18, 2010 pukul 2:16 pm

    lidah saia jadi berasa aneh Pak, sehabis lebaran ini. Apa karena kebanyakan makan kue lebaran ya?

    • September 18, 2010 pukul 3:55 pm

      anehnya yang gimana mbak Dean ? Kaget mungkin soalnya sebulan kagak makan siang jadi asal makan saja mumpung siang hari boleh makan, hehe…yang penting banyakin makan buah saja mbak Dean,…

  67. September 18, 2010 pukul 2:04 pm

    ehem … ilmu baru nih …
    lidah? …
    semoga kita semua menjaga lidah dari ucapan mubazir dan perkara deh …🙂

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

  68. September 18, 2010 pukul 12:24 pm

    Salam jumpa kembali dalam kunjungan balik ini. Terimakasih…

  69. September 18, 2010 pukul 12:18 pm

    Dengan sel reseptor khususnya lidah mempunyai keajaiban, berperan ganda dalam pengecap dan sebagai alat komunikasi.
    Selamat dengan tambahan menu barunya. SALAM dari Kendari

    • September 18, 2010 pukul 4:03 pm

      Salam kembali Bli, semoga sekeluarga dalam kondisi sehat-sehat saja.

  70. September 18, 2010 pukul 11:25 am

    sayangnya kali ini saya lagi sariawan pak guru, makan apaun jadi tidak enak.. mohon doanya biar cepet sembuh ya…

    • September 18, 2010 pukul 11:30 am

      Memang kondisi cuaca lagi tidak menentu nih mas, sehingga banyak penyakit yang mudah menyerang tubuh tanpa permisi, semoga lekas sembuh ya mas,……

  71. September 18, 2010 pukul 10:43 am

    Selamat sore pak guru …
    maaf baru berkunjung …
    oh ia pak .. maaf saya mau izin mengcopy semua nya pak dari awal karena komptr saya terserang virus dan baru saya instal ulang jadi semua data yang ada hilang …
    jadi saya ingin mendownload ulang …
    mohon izin pak yah ..
    terimakasih banyak.

    • September 18, 2010 pukul 10:44 am

      Dengan senang hati Pak Bayu, silakan mudah-mudahan ada manfaatnya.

  72. September 18, 2010 pukul 9:58 am

    Berbagai macam dosa besar dikarnakan lidah… Begitu pula dengan lidah kita bisa meraih kebaikan yg tak lain adalah lewat Dzikirullah…

    Salam kenal kang Guru🙂
    Kunjungan perdana nih…
    Hehee

    • September 18, 2010 pukul 10:43 am

      Sa;lam kenal kembali, segera kunjungan balik. terima kasih

  73. September 18, 2010 pukul 9:07 am

    izin ngopi lampirannya mas guru, mantab banget nih TIK nya

    • September 18, 2010 pukul 9:53 am

      Dengan senang hati, ambil saja. semoga ada manfaatnya. Jangan lupa koreksinya bila ada kekeliruan….

  74. September 18, 2010 pukul 8:23 am

    Semur Lidah sapi lezat sekali. Ha ha ha … jadi teringat menu lebaran favorit keluarga kami.

    Semoga sehat dan bahagia selalu. Salam dari guru sekolah pinggiran. Pingir kali Brantas.

    • September 18, 2010 pukul 9:52 am

      Yang bisa merasakan semur lidah nikmat kan lidah juga bu guru….hehe, jadi lakonnya lidah vs lidah ni ye ?

  75. September 18, 2010 pukul 7:39 am

    mau nanya Pak.. lidah ada tulangnya ga sih?

    • September 18, 2010 pukul 9:50 am

      Waaaa,….ketahuan nih angel gak baca ya ? perhatikan dong paragraf ke 4, Tahu Lidah ? ….hehe

  76. Rasa
    September 18, 2010 pukul 7:34 am

    Salam kenal saudara tuan rumah. Kunjungan pertama.
    Informasi menarik berkaitan lidah.
    Selalu juga dikaitkan dengan hubungan sesama insan: Sedangkjan lidah lagi tergigit…
    Juga hadis nabi menyebut bahawa fitnah angkara lidah itu lebih dahsyat dari perlakuan membunuh.

    Sama-sama kita memanfaatkan lidah untuk berbicara perkara kebaikan dan mendapat redha Allah.

    Makasih. TQ

    • September 18, 2010 pukul 9:49 am

      Salam kenal kembali, dan terima kasih atas kunjungannya. Semoga kita bisa berbagi informasi lebih lanjut.

  77. September 18, 2010 pukul 7:00 am

    Lidah merupakan organ yang amat penting, selain untuk bisa merasakan pahit, asam, manis, atau asin (aspek biologis), juga menjadi alat bicara (aspek sosio-psikologis), yang akan menentukan kualitas kepribadian seseorang.

    • September 18, 2010 pukul 9:48 am

      Dengan lidah seseorang bisa istimewa dan dengan lidah pula seseorang bisa menjadi terhina. Semoga kita semua bisa menjaga dan mengendalikan lidah kita, amin.

  78. September 18, 2010 pukul 6:13 am

    Saya terkesan dengan analogi ‘kalo kita berkata bisa maka kita pasti bisa’.
    Hal ini yang akan banyak membawa kemajuan jika ingin diterapkan. Salam untuk kang guru, maju terus!

    • September 18, 2010 pukul 6:33 am

      Percayalah sobat, memang kenyataannya seperti itu, seorang Thomas Alfa edison tidak akan menjadi seorang yang terkenal seperti sekarang bila saja sang ibu mengatakan kepada anaknya (Edison) adalah “Bodoh”,..tapi itu tidak dilakukan oleh seorang ibu, bahkan selalu mengatakan bahwa edison adalah anak pintar,….

      • Usup Supriyadi
        September 18, 2010 pukul 10:45 am

        teguhsasmitosdp1 :
        Percayalah sobat, memang kenyataannya seperti itu, seorang Thomas Alfa edison tidak akan menjadi seorang yang terkenal seperti sekarang bila saja sang ibu mengatakan kepada anaknya (Edison) adalah “Bodoh”,..tapi itu tidak dilakukan oleh seorang ibu, bahkan selalu mengatakan bahwa edison adalah anak pintar,….

        saya suka dengan penjelasannya…

  79. September 18, 2010 pukul 5:56 am

    berbagi cerita, sesudah lebaran di keluargaku semua terkena penyakit panas dalam, entah apa sebabnya, tapi ada indikasi kuat mungkin karena salah makan atau berlebihan dalam pola makan.. seandainya bulan puasa tidak dijadikan tahan makan dan minum saja, mungkin slama puasa dan sesudah puasa umat dpt menahan hwa nafsu, efek luarnya tidak terkena pnyakit “panas dalam”.. hehe salam kenal sobat

    • September 18, 2010 pukul 6:30 am

      Terima kasih, kayaknya memang cuaca saat ini lagi kagak stabil, jadi banyak penyakit yang mudah menyeranng tubuh, apalagi hujan panas yang tidak teratur. Yang paling penting adalah banyak-banyaklah makan buah-buahan sobat,….

  80. September 18, 2010 pukul 4:47 am

    sayangnya krn begitu banyak sekarang makanan yang mengandung pengawet dan pewarna yg berlebihan pd makanan, indra pengecap kita (lidah) seolah sudah tdk tau rasa lagi, sudah ‘tersesat’ krn hanya tau rasa makanan yg asin saja .
    salam

    • September 18, 2010 pukul 4:59 am

      hehe, bunda ini ada-ada saja, memang sih yang asin itu yang nikmat Bunda. Coba saja kalau bakso kagak asin, sayur asin malah kecut,…..pokoknya asal sayuran kagak asin wah gak ada rasanya,…. salam dari Pekalongan

  81. September 18, 2010 pukul 4:44 am

    Pemaparannya lengkap banget Kang Guru..Lidah…saya langsung bermain, walau lidah saya agak pahit karena kurang sehat😦 Selamat Hari Raya Kang Guru, mari kita berjabat erat lagi dalam hari, hari, bulan, bulan, dan Tahun, Tahunn , Aminnn

    • September 18, 2010 pukul 5:01 am

      Wow, ..masih sakit ya Bli, semoga saja lekas sembuh…..

  82. September 18, 2010 pukul 4:23 am

    tiada kata terlambat utk meminta maaf🙂 wah bener2 neh selalu tentang indera2 yah mas hehehe ahlinya indra neh, awas loh ntar mas indra marah hahaha

    • September 18, 2010 pukul 4:05 pm

      Hehe,..sudah ijin kok sama mas Indera,…lagian ini punya mas indera yang terakhir…

  83. September 18, 2010 pukul 3:53 am

    lidah kita bisa bereaksi terhadap rasa sesuai rekasi kimia pak ya?
    misalkan rasa manis itu rekasi terhadap karbodirat. rasa asin itu rekasi enzim dengan unsur NaCl. sel lidah jadi bereaksi mengirim sinyal ke otak. jiwa menyebutnya rasa makanan.

    • September 18, 2010 pukul 5:05 am

      Betul sekali sobat, otak kita adalah sumber pengendali segalanya. Orang yang otaknya tidak waras jelas tidak tahu mana baik mana buruk, mana manis, mana pahit, mana uang ribuan mana uang ratusan,…makanya sesehat apapun lidah kita, telinga kita, mata kita, hidung kita, jantung kita, tetapi otaknya gak waras,..yang jelas tidak akan bisa komen di blog saya, hehe

  84. September 18, 2010 pukul 1:24 am

    hm… harus baik – baik menjaga lidah🙂

    • September 18, 2010 pukul 5:09 am

      kata bang haji rhoma irama, lidah itu sangat tajam, tajamnya lebih dari pedang, bicaralah macam-macam, asal jangan ngomongin orang,…karena dari omongan bisa menimbulkan salah paham, ….karena dari omongan bisa menimbulkan keributan,…dst.
      kalau bicara,…baik seadaya..
      jangan bicara,…kalau sia-sia..
      hehe….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: