Beranda > Media Pembelajaran > Mengenal Anatomi Otak

Mengenal Anatomi Otak

Assalamualaikum adik-adik peserta didik,…..

Beberapa posting yang lalu, kang guru telah menyajikan tentang kelima alat indera kita, masih ingat ?….. Ya….., mata, telinga, hidung, kulit, dan terakhir lidah.

Nah,…tahukah adik-adik peserta didik, bahwa kelima alat indera tersebut tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya suatu sistem yang mengendalikan bekerja alat tersebut. apa itu ?…..OTAK.

Yaaa….. Otak memiliki fungsi yang sangat penting bagi kita, dunia disekeliling kita menjadi terasa begitu berarti,  karena otak yang memberinya arti. Melalui kelima sensasi lewat penglihatan, penciuman, pendengaran, sentuhan, dan pengecapan,  otak menerima pesan untuk diolah sehingga alat indera kita bisa berfungsi.
Adik-adik,…Otak merupakan pusat sistem saraf manusia dan merupakan organ yang paling kompleks. Berat otak manusia dewasa sekitar 1.5 kg, otak pria pada umumnya lebih berat 100 gram dibanding wanita.  Otak dilindungi oleh tulang kepala, tenggelam dalam cairan cerebrospinal, yang menjadikannya bantalan terhadap trauma, dan terisolasi dari sirkulasi darah oleh adanya Blood-Brain-Barrier (lapisan pelindung antara otak dan darah). Ini menyebabkan infeksi otak jarang terjadi, dan menjadi sangat serius jika itu terjadi. Jadi Adik-adik, otak kita yang penting ini ternyata dilindungi dengan cara yang sangat spesial,…subhanallah.

Pesan dari otak disampaikan dengan beberapa cara, sinyal-sinyal disampaikan melewati jalur yang disebut “pathway”. Setiap kerusakan pada jaringan otak  dapat memutus komunikasi diantara bagian otak. Akibatnya bisa menghilangkan fungsi, seperti berbicara, membaca dll. Pesan berjalan dari satu lobus ke lobus lain, dari satu sisi otak ke sisi lain, dari satu lobus ke struktur lebih dalam misal thalamus, atau dari struktur bagian dalam otak ke area lain dalam sistem saraf pusat.

Wow,….luar biasa bukan ?  Tidak itu saja,…berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa sentuhan pada satu sisi otak mengirimkan sinyal ke sisi lain pada tubuh kita. Pesan untuk gerakan dan sensasi berjalan menyilang pada sisi lain otak dan menyebabkan gerakan tungkai pada sisi yang berlawanan. Sisi kanan otak mengontrol sisi kiri tubuh dan sebaliknya. Jadi,….jika ada tumor pada sisi kanan otak di area yang mengontrol gerakan lengan, maka lengan kiri akan lemah atau bahkan lumpuh.

Penelitian juga menunjukkan bahwa Jaringan otak manusia menghasilkan gelombang listrik yang berfluktuasi. Gelombang listrik ini disebut brainwave atau gelombang otak. Pada tahun 1929, Hans Berger, seorang psikiater Jerman, menemukan Electro Encephalograph (EEG) yang bisa digunakan untuk mengukur gelombang listrik yang dihasilkan otak. Sejak saat itulah teknologi berbasis gelombang otak untuk meningkatkan kemampuan pikiran dan perkembangan diri manusia di seluruh dunia.

Begitu luar biasanya konstruksi otak kita, begitu hebatnya fungsi otak kita, dan begitu dasyatnya bekerjanya otak kita. Tetapi jangan lupa dengan arsitek yang membangun otak kita, siapa dia…? tentu saja….Allah yang Maha Besar, Tuhan sekalian alam.

Untuk itulah tidak henti-hentinya kang guru mengajak….mari kita bersyukur,….bersyukur,….dan bersyukur. Coba bayangkan,…..apa jadinya bila otak kita tidak waras ?….Kita bisa melihat, mendengar, mencium, merasakan sentuhan, mengecap,……tetapi kita tidak tahu apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, apa yang kita cium,dan apa yang kita rasakan, ……oleh karena itu mari bersama-sama mengucap Alhamdulillah,……Segala Puji Bagi Allah Tuhan Sekalian Alam.

O,.ya…adik-adik peserta didik,….Pernahkan mendengar istilah otak kanan dan otak kiri ? atau bahkan otak tengah ? Menurut penelitian setiap manusia memiliki kecenderungannya masing-masing dalam penggunaan otak kanan atau otak kiri, baik sadar ataupun dibawah sadarnya. Hal ini bergantung pada banyak faktor yang mempengaruhinya sejak masih kecil bahkan sejak dalam kandungan. Kecenderungan berpikir dengan otak kanan ataupun kiri merupakan hasil dari suatu proses yang sangat panjang.

Untuk mengetahui seberapa besar peranan otak kiri dan kanan kita, Dr. Leo Wollman membuat sebuah kuis yang bertujuan untuk menentukan fungsi otak mana yang lebih dominan bekerja. Kang guru berusaha mencoba memindahkan kuis tersebut ke dalam bentuk media interaktif  beserta analisisnya dan alhamduillah bisa adik-adik coba melalui tombol simulasi.

Ingin mencoba ?,…Oke,….kita mulai saja yuk dengan memlajari anatominya lebih dahulu…

Seperti biasa,..untuk komputer yang lemout…bersabar.

Untuk download klik kanan disini dan simpan di komputer anda..

Referensi :
1. Kamus Visual Indonesia – Inggris
2. Ensiklopedia IPTEK, Tubuh Manusia
3. Teguh Sasmito, Gelombang Listrik Otak Manusia, Modul Fisika Kesehatan untuk mahasiswa keperawatan, 2007
4. Dr. Ponijan Liaw, “Understanding Your Communication style”

Catatan :
Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon maaf  bila pengambilan soal kuis fungsi otak kiri dan kanan dalam simulasi belum seijin Dr. Ponijan Liaw penulis buku “Understanding Your Communication style”. Untuk itu bila tidak berkenan, akan segera saya hilangkan dari bagian simulasi.

  1. Oktober 20, 2015 pukul 2:28 am

    Komp[lit dah artikelnya

  2. Oktober 19, 2015 pukul 4:49 am

    Mantab Pak sangat membantu

  3. Mei 12, 2014 pukul 4:53 am

    semoga bermanfaat

  4. Mei 12, 2014 pukul 4:50 am

    info yang menambah wawasan,,,,

  5. Mei 12, 2014 pukul 4:47 am

    menarik untuk dibaca

  6. Mei 12, 2014 pukul 4:44 am

    infonya keren

  7. Maret 30, 2013 pukul 11:18 am

    I am truly glad to glance at this blog posts which
    contains lots of valuable facts, thanks for providing these data.

  8. April 22, 2012 pukul 12:31 am

    sekarang saya tahu anatomi otak itu bagaimana,,,
    terimakasih atas infonya,,

  9. April 22, 2012 pukul 12:29 am

    terimakasi gan atas infonya,,, sangat bermanfaat

  10. April 20, 2012 pukul 1:51 pm

    Thanks for the info .. awaited a visit back to http://www.ukirjepara.com .. thank you

  11. April 2, 2012 pukul 3:16 pm

    info yang sangat bagus, makasih gan infonya,,,,,sukses selalu

  12. Januari 28, 2012 pukul 5:54 pm

    Mantapp Gan! sangat Bermanfaat, i like it

  13. November 10, 2011 pukul 3:11 am

    together to be better

  14. November 8, 2011 pukul 1:30 am

    Artikel yang menarik. apalagi otak adalah hal yang vital oleh tubuh… tak ada salahnya mengenal anatomi otak kita… ^_^

    oh ya, (teman2 blogger) mampir kesini yah : hot information indie production

    • November 11, 2011 pukul 12:35 am

      terima kasih kunjungannya,…segera kunjungan balik.

  15. Oktober 19, 2011 pukul 8:04 am

    Artikelnya sangat bagus, menambah pengalaman buat saya pak!
    maksih ya pak atas informasinya.
    lam kenal dari jepara.

  16. Oktober 15, 2011 pukul 2:42 pm

    otak adalah ciptaan tuhan yang luar biasa, terima kasih telah membagi ilmu,,, membuat kita akan selalu nersyukur,,,tanks

  17. Agustus 26, 2011 pukul 4:10 pm

    setuju,………………………….

  18. Juli 28, 2011 pukul 2:57 pm

    mkch pak top dah otak gue,,

  19. Juli 19, 2011 pukul 4:01 pm

    hati adalah raja, otak adalah panglimanya…

  20. Juli 3, 2011 pukul 4:03 pm

    kita harus tau tentang otak
    maakasih atas info nya
    masak kita punya otak tidak tau info ini

  21. Juli 3, 2011 pukul 4:00 pm

    makasih atas infonya boss….
    masak kita punya otak tidak tahu hal ini….
    pengen punya tenun ikat klik
    http://www.galeritenuntroso.com

  22. Juni 16, 2011 pukul 2:01 pm

    bloknya sangat menarik.
    artikelnya juga tak kalah menariknya.
    thanks infonya

    • November 11, 2011 pukul 12:42 am

      Terima kasih mas doni atas apresiasinya, salam persahabatan dari pekalongan

  23. Desember 20, 2010 pukul 9:37 am

    Assalaamu’alaikum Kang Guru, Mas Teguh…

    Alhamdulillah, kembali menyapa sahabat yang lama hilang di maya. didoakan mas teguh sehat dan kembali aktif untuk berkongsi ilmu yang bermanfaat.

    Ayuuh kang Guru, semangat untuk menulis lagi. Ditunggu nih.

    Salam mesra selalu dari saya di Sarikei, Sarawak.😀

  24. Oktober 12, 2010 pukul 5:27 am

    Simulasi otak yang keren🙂

    • November 11, 2011 pukul 12:40 am

      terima kasih apresiasinya, salam dari pekalongan

  25. guslo
    Oktober 8, 2010 pukul 2:13 pm

    udah bolak-balik nengok, masih “otak” aja kang. kapan posting yg baru…? nggak sabar mau liat ilmu apa lagi yg mau kang guru tularkan nich…

  26. Oktober 7, 2010 pukul 2:00 pm

    Ayo pak, kasih ilmu lain.. masa saya berputar ke posting ini terus.hehe..
    Semangattt..

  27. Oktober 7, 2010 pukul 1:29 pm

    10 bulan 10 2010 saya akan menikah. doanya pak guru.
    saya akan kirim e-mail insya Allah. ke alamat yang biasa pak guru paikai di blog saya

    • Oktober 7, 2010 pukul 1:39 pm

      Wow,…Selamat mas Budi,…semoga menjadi keluarga yang Sakinah.

  28. Oktober 7, 2010 pukul 9:29 am

    wah, waktu itu pernah juga dapat artikel serupa dengan ini. mungkin yang beda adalah bagian otak yang kubaca adalah perbedaan daya pikir laki-laki dengan wanita..

    btw, sudah lama sekali saya tidak berkunjung…
    maaf atas keterlambatan nya =)

    • Oktober 7, 2010 pukul 1:07 pm

      Terima kasih Pak, meskipun terlambat suatu kehormatan bagi saya karena masih ingat untuk berkunjunng kembali. Salam persahabatan selalu dari kota batik Pekalongan.

  29. Oktober 7, 2010 pukul 2:00 am

    info yang bagus dan sehat
    mas
    hehe
    berkunjung dengan senyuman…

    • Oktober 7, 2010 pukul 2:31 am

      Terima kasih senyumannya,….salam persahabatan selalu dari kota batik Pekalongan

  30. Oktober 6, 2010 pukul 2:45 am

    Wahh… saya baru tahu ada media pembelajaran seperti ini. Ini tentunya akan memudahkan peserta didik untuk menerima pengetahuan. Terima kasih untuk usahanya dalam membangun dan membagikannya ya Pak. Salam kenal juga.😀

  31. Delia
    Oktober 5, 2010 pukul 4:47 pm

    wahhh izin download juga pak..
    simulasinya bagus..
    sepantanya kita harus mengetahui anatomi otak…🙂

    • Oktober 5, 2010 pukul 10:57 pm

      Dengan senang hati bu, semoga ada manfaatnya,…..

  32. Oktober 5, 2010 pukul 2:27 pm

    saatnya bersemangat bang
    salam hangat dari blue

  33. Oktober 5, 2010 pukul 9:36 am

    Wah, keren banget pak…
    Ijin download yaw pak…
    Terima kasih ilmunya….

  34. Oktober 4, 2010 pukul 9:41 am

    Assalaamu’alaikum Kang Guru…

    Apa khabar ? Maafi adik kerana lama tidak menyapa lantaran banyak tugas yang menyita waktu. Maka usaha BW sangat jarang, lalu terpaksa berbagi ruang. Harap maaf kalau adik selalu absent.

    Subhanallah… betapa hebatnya makhluk atas kepala manusia ini. Mengkagumkan segala fungsi yang telah disediakan Allah sebagai memandu manusia untuk berfikir dan waras dalam bertindak. Namun, banyak manusia tidak menggunakan kebijakan otaknya dengan semaksima sehingga tidak dapat berjalan di muka bumi dengan stabil dan selalu menghuru harakan.

    Oleh itu, otak yang berkapasiti 1- 1.5 kg itu harus dipelihara dengan baik kerana jika terhantuk sedikit akan menyebabkan kerosakan pada sarafnya yang akhirnya kita tidak menjadi manusia yang sempurna dalam bertindak dan berfikir. Marilah kita mensyukuri nikmat otak ini.

    Salam mesra dari adik di Sarawak. Terima kasih kang Guru atas ilmu yang bermanfaat yang dikongsikan ini.😀

    • Oktober 4, 2010 pukul 12:20 pm

      Kabar baik Bunda, semoga selalu sukses dalam melaksanakan tugas, soal kunjungan Bunda kang guru sangatlah maklum, toh disela-sela kesibukan ternyata Bunda juga masih bisa menyempatkan untuk berkunjung dan memberikan jejak yang sangat bermanfaat buat kang guru. Salam persahabatan selalu dari kota Batik pekalongan-Indonesia.

  35. Oktober 4, 2010 pukul 7:54 am

    Selamat siang pak …
    wah izin download lagi nih pak yah ….
    terimakasih banyak untuk ilmunya …
    selamat siang.

    • Oktober 4, 2010 pukul 12:22 pm

      Terima kasih juga Pak atas perkenan menggunakan media yang masih sangat sederhana ini. Semoga ada manfaatnya.

  36. Oktober 4, 2010 pukul 7:23 am

    memang lebih enak belajar dengan media interaktif ya pak. salam dari jogja

    • Oktober 4, 2010 pukul 12:23 pm

      Mudah-mudahan begitu Pak harapan saya, salam persahabatan kembali dari kota batik Pekalongan.

  37. Oktober 3, 2010 pukul 5:43 pm

    Semoga aku bisa mendayagunakan otak dengan baik. Salam, Pak.

    • Oktober 3, 2010 pukul 6:13 pm

      Amin,…salam persahabatan kembali dari kota batik Pekalongan

  38. Oktober 3, 2010 pukul 12:50 pm

    Assalamu’alaikum….

    maaf baru sempat mampir, apa kabar?

  39. Oktober 3, 2010 pukul 2:01 am

    Dengan organ yang penting ini, manusia memiliki kemampuan berfikir untuk mempertahankan dan melanjutkan kelangsungsan hidup serta membangun peradabannya.

    Terima kasih atas infonya dan untuk kesekian kalinya, mohon ijin download.

  40. Oktober 2, 2010 pukul 6:04 am

    Fungsi otak memang penting, makanya patuhi pesan polisi, kalau naik kendaraan bermotor pakai helm, untuk melindungi kepala dari efek cedera.

  41. Oktober 1, 2010 pukul 9:36 am

    artikel yg sangat bermanfaat sekali, trimakasih pak Teguh atas pelajarannya…
    saya semakin tau tentang anatomi otak..

    salam, ^_^

    • Oktober 1, 2010 pukul 9:44 am

      Terima kasih juga atas kunjungannya pak, salah persahabatan selalu dari kota batik Pekalongan. Semoga kita bisa saling berbagi informasi.

  42. Oktober 1, 2010 pukul 6:31 am

    pelajarannya sngat penting pak..trimakasih atas informasi yg diberikan..

    • Oktober 1, 2010 pukul 9:05 am

      Terima kasaih kembali, salam persahagtan selalu dari kota batik pekalongan

  43. Usup Supriyadi
    September 30, 2010 pukul 7:55 am

    sungguh, inilah anugerah yang terbesar dari Tuhan. orang buta, orang tuli, orang bisu, kalau otaknya berfungsi dengan baik (tidak ada gangguan syaraf di otak) maka ia bisa menjadi lebih hebat dibandingkan dengan orang yang bisa melihat, bisa mendengar, dan bisa berbicara…. subhanallaah

    • September 30, 2010 pukul 2:56 pm

      Betul sekali Kangus, salam persahabatan selalu dari kota pekalongan

  44. September 30, 2010 pukul 4:10 am

    Nambah lagi ‘makanan’ buat otak… anehnya tidak pernah kenyang😦 terimakasih pak guru Teguh, salam hangat dari Belitung.

  45. September 30, 2010 pukul 2:25 am

    Otak memang sangat ajaib, ini bukti kekuasaan Allah SWT yang Maha Agung.

  46. September 29, 2010 pukul 7:24 pm

    gimanapun anatomi otak yang sedikit bikit mumet ngebacanya , yang penting kita hindari otak mesum deh … (agak error pengaruh udara malam) …
    uh, seperti biasa, flashnya lama banget loading …😦

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

    • September 29, 2010 pukul 10:46 pm

      sore denuzz,…kalau loading nya lemout aku gak bisa bantu…

  47. September 29, 2010 pukul 6:21 pm

    trimakasih pelajarannya ya kang guru…

  48. September 29, 2010 pukul 6:12 pm

    waduh kangguru… makasih bgt yach atas pengetahuannya…
    posting menarik nich, coz selama ini aku cuma pernah bedah otak ayam yg dah digoreng aja hehehe…

    • September 29, 2010 pukul 10:43 pm

      bedah otak ayam juga gak boleh sembarangan lho. harus yang otaknya masih sehat, gak boleh orang yang tidak waras bedah sembarang, hehe

  49. September 29, 2010 pukul 5:45 pm

    dengan semakin terkuaknya misteri otak manusia, sepertinya kemampuan2 gaib dan berbau mistik yg dimiliki orang2 tempo dulu akan mulai ketemu nalarnya.

  50. September 29, 2010 pukul 2:15 pm

    selamat malam. maaf cuma mampir belum sempat baca, karena masih sibuk ngurusi rumah baru di dunia maya ini

  51. September 29, 2010 pukul 12:33 pm

    @kang guru, dan teman2
    membaca judulnya saja sudah mengingatkan akan pentingnya kita memikirkan tentang apa yang telah Allah ciptakan. Semua tidak ada yang bathil

    Jeleklah orang yang tidak mau menggunakannya untuk berfikir

    salam selalu.

  52. 'Ne
    September 29, 2010 pukul 10:07 am

    memang benar gak ada yang bisa ngalahin ciptaanNya, nyatanya otak memang luar biasa dahsyatnya ciptaan manusia secanggih apapun toh hasil dari otak juga..
    saya pengen donlot juga tapi koneksinya lemot nih pak guru..
    terima kasih informasinya.. (bener2 Pak Guru deh hehe)

    • September 29, 2010 pukul 10:42 am

      wah, kalau soal lemout gak bisa membantu mbak,….kalau yang satu ini maaf soalnya ditempat saya juga lemout,…..

  53. September 29, 2010 pukul 8:21 am

    Subhanallah… Allah memang maha kasih,, kita diberikan kelengkapan yang luar biasa…🙂

    dan pak teguh, trimakasih sudah menuliskan artikel yang lengkap tentang otak ini,,, sangat bermanfaat pak..🙂

    • September 29, 2010 pukul 9:54 am

      Terima kasih kembali Bu,…salam persahabatan selalu dari kota batik pekalongan.

  54. September 29, 2010 pukul 6:24 am

    Subhanallah
    semua dibuat detil sesuai fungsinya
    sungguh Allah SWT Maha Mencipta

    Tentang metode pengaktifan otak tengah yang sekarang sedang rame
    saya juga penasaran, sayang sekali biaya pelatihannya cukup mahal
    sehingga tidak semua anak bisa mengikutinya

    • September 29, 2010 pukul 6:27 am

      Sama, saya juga lagi penasaran tentang otak tengah. Yang buat saya penasaran juga adanya pro dan kontra

  55. September 29, 2010 pukul 4:16 am

    wah sangat informatif neh mas teguh, otak memang merupakan bagian vital serta central tubuh manusia yg mesti dioptimalkan secara baik🙂 salam kenal mas teguh😀

    • September 29, 2010 pukul 6:24 am

      Salam kenal kembali, semoga kita bisa berbagi informasi. salam dari Pekalongan

  56. September 29, 2010 pukul 3:21 am

    Saya mau donlod itu Pak Guru, tp kok internet di kost Lola banget, dan pinginya donlod di kantor eh nggak tahunya di kantor sama lg lolanya😦

    Saya tertarik dengan kalimat “Menurut penelitian setiap manusia memiliki kecenderungannya masing-masing dalam penggunaan otak kanan atau otak kiri, baik sadar ataupun dibawah sadarnya.”

    Saya pernah mengikuti suatu test, dan hasilnya kurang memuaskan karena ternyata hasilnya imbang jadi banyak hal yang ingin saya ketahui, dengan tujuan lebih mengenali diri sendiri🙂

    salam Pak Guru!

    • September 29, 2010 pukul 6:25 am

      Silakan saja download, semoga bermanfaat. salam dari Pekalongan

  57. September 29, 2010 pukul 1:16 am

    Terkesan dengan obrolan terakhir antara Bli Budi Arnaya dengan Kang Guru. Salam hangat dan salam kenal Kang Guru;

    • September 29, 2010 pukul 1:18 am

      Ups, salah tulis ya? Maap, maksud saya obrolan di kolom komentar yg pertama itu..Maap Kang Guru;

      • September 29, 2010 pukul 1:31 am

        Ok, terima kasih atas kunjungannya dan salam kenal kembali, semoga kita bisa terus berbagi informasi.

  58. Adi
    September 28, 2010 pukul 9:48 pm

    Saya paling lemot masalah hafalan biologi pak guru, huhu. , salam kenal kenal dari saya.

    • September 28, 2010 pukul 9:50 pm

      Salam kenal kembali, selamat datang dan bergabung untuk berbagi informasi. salam persahabatan selalu dari Pekalongan

  59. September 28, 2010 pukul 4:06 pm

    This is the wonderful thing i spend long time to find

    it.

  60. September 28, 2010 pukul 12:44 pm

    Sebelumna maaf pak saya #fakirilmu, saya nyesel, npa baru nemuin blog pengetahuan seperti ini, btw makasih pelajarannya🙂

    • September 28, 2010 pukul 12:58 pm

      Terima kasih Masda,….yang penting kan dah nemuin and semoga kita bisa saling berbagi informasi.

  61. September 28, 2010 pukul 12:17 pm

    Assalamu`alaikum bapak, ternyata otak kita ini sungguh ajaib karena bisa berfungsi sebegitu pantas sekali, bahkan kita ga sadar bila masanya komunikasi sel-sel otak itu berjalan. Betul pak, kita seharusnya sentiasa memanjatkan kesyukuran karena dikurniakan dengan akal yang waras untuk mengecapi semua apa yang kita ada..

    Salam dari Kuala Lumpur Malaysia buat bapak sekeluarga

    • September 28, 2010 pukul 12:28 pm

      Terima kasih Mama, salam kembali buat mama sekeluarga di Malaysia.

  62. Kangus
    September 28, 2010 pukul 11:47 am

    pak, saya sangat senang serta sependapat dengan analogi orang sakit lho. mantap, dan cerdas.😉

    • September 28, 2010 pukul 11:59 am

      Terima kasih, yang jelas Kangus lebih hebat. salam persahabatan dari Pekalongan.

  63. September 28, 2010 pukul 10:52 am

    ada banyak pesan, perintah atau sejenisnya yang menyuruh manusia untuk berpikir akan tanda-tanda kebesaranNya
    dan kali ini adalah sebuah pemikiran yang harus kita syukuri akan nikmatnya memiliki volume otak yang paling besar diantara makhluk-makhluk lain

    • September 28, 2010 pukul 11:13 am

      Alhamdulillah,…semoga kita sadari bersama untuk membaca ayat-ayat Allah dalam tubuh kita sendiri.

  64. September 28, 2010 pukul 9:17 am

    sekarang banyak di perkenalkan ttg kehebatan otak tengah yg mampu membuat anak2 jadi pintar dgn moral yg baik, hal tsb sempat di pamerkan di sebuah toko buku besar terkemuka Gr******.
    salam

    • September 28, 2010 pukul 11:14 am

      Betul sekali Bunda, cuma saya belum sempat mempelajari secara mendalam. Salam hormat dari Pekalongan.

    • September 29, 2010 pukul 1:26 am

      pemakaian otak tengah pernah timbul kontroversi di TV… >> terutama belajar dng dengan cara menutup mata itu

      • September 29, 2010 pukul 1:33 am

        Wow, jadi penasaran ingin mempelajari lebih jauh nih tentang otak tengah, ada apa gerangan ? hehe

  65. September 28, 2010 pukul 7:55 am

    gak keluar keluar pak,. karena fakir bandwitch mungkin ya,.hehe
    but terimakasih atas pelajarannya hari ini…🙂

    • September 28, 2010 pukul 11:15 am

      Gak mesti Kang, di tempatku juga begitu..kadang lemout, kadang gak terlalu cepat, kalau cepat sih gak pernah.

  66. September 28, 2010 pukul 4:57 am

    otak fungsinya luar biasa
    dengan otak aku bisa menggerakan semua organ tubuhku sesuai keinginanku
    dan dapet berpikir untuk menjalani kehidupan

  67. September 28, 2010 pukul 4:49 am

    subhanallah
    luarbiasa
    maha besar yang menciptakannya

    • September 28, 2010 pukul 5:28 am

      sudah seharusnya kita menjaganya agar berfikir yang positif

  68. citromduro
    September 28, 2010 pukul 3:00 am

    kreatif dan sukses
    kalau semua kak guru kreatif pasti muridnya pandai dech

    salam dari pamekasan madura

    • September 28, 2010 pukul 5:29 am

      Terima kasih telah berkunjung,…semoga bermanfaat.

  69. September 28, 2010 pukul 2:52 am

    Alhamdulillah.. terima kasih kang atas pencerahannya
    Dialah yang telah menciptakan seuanya, memberikan banyak kenikmatan kepada kita,
    semoga kita termasuk orang yang pandai bersyukur..
    Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

    • September 28, 2010 pukul 11:19 am

      Amin,..amin,…amin,….semoga begitu sobat,….terima kasih telah berkunjung.

  70. September 27, 2010 pukul 11:34 pm

    Yang hebat, otak ini memerintahkan bagian tubuh lain….mengkoordinasikan agar manusia bisa beraktifitas…..
    Jika sudah mempelajari seperti ini, betapa hebatnya yang menciptakannya….kita pantas merenungkannya, memahaminya…dan juga bersyukur pada Nya.

    • September 28, 2010 pukul 1:40 am

      Setuju Bunda, tidak hanya mengenal saja tetapi yang lebih penting mensyukuri nikmat yang diberikan kepada kita, amin. Salam persahabatan selalu dari Pekalongan.

  71. September 27, 2010 pukul 6:06 pm

    waduh beberapa hari ga masuk sekolah banyak ketinggalan pelajaran ne pak..
    tanpa kita sadari sebegitu hebat dan rumit sistem kerja di otak kita ini bekerja sesuai dengan bagian dan fungsinya masing² benar² luarbiasa

    • September 27, 2010 pukul 6:33 pm

      Karena itu sebaiknya jangan mikir yang rumit-rumit lah, soalnya di otak sendiri sudah rumit, hehe

  72. September 27, 2010 pukul 3:41 pm

    demikian rumit ternyata kerja otak kita, pak. seringkali hal ini tidak kita sadari, betapa utk mengucapkan sebuah kata seru, “hai!” saja, misalnya, otak kita ternyata bekerja dengan supercepat dan (nyaris) otomatis. anugerah Tuhan yang luar biasa. salam.

    • September 27, 2010 pukul 4:14 pm

      Iya Pak, hanya saja sering Bapak/Ibu guru saat mengajar belum terbiasa untuk menghubungkan setiap bahasan materi ini dengan kehidupan sehari-hari seperti agar siswa selalu bersyukur atau yang lain sesuai dengan tujuan pendidikan.

  73. September 27, 2010 pukul 3:18 pm

    udah banyak yang lupa nih dengan materi pelajaran IPA pak guru😀

  74. September 27, 2010 pukul 2:18 pm

    Arief Rizky Ramadhan :

    otak tengah itu untuk hal spontan pak, dan menurut saya tidak ada hubungannya dengan kejeniusan seperti yang di iming-imingi oleh beberapa lembaga pelatihan otak tengah..

    Memang ada yang memberikan iminng-imingn kayak gitu mas ?

  75. September 27, 2010 pukul 2:09 pm

    Luar biasa.

    Andai Pekalongan dapat ditempuh naik sepeda onthel dalam 5 menit pasti saya akan datang untuk belajar. Belajar Flash dkk.

    Inspiratif sekali ….. Salam dari pinggir sungai Brantas.

    • September 27, 2010 pukul 2:21 pm

      Bu Guru bisa latihan lewat blog ini melalui menu materi ajar Bu, tidak perlu ke Pekalongan,…yang penting kan ada kemauan Bu…salam persahabatan selalu.

  76. September 27, 2010 pukul 1:13 pm

    proses kerja otak simple sebenarnya, misalnya dicubit. dari saraf kulit yang menerima masuk ke otak dan dikembalikan sehingga akan terasa sakit dan ada juga reaksi lain seperti teriak langsung melompat dan lain-lain tergantung dari gelombang otaknya saat itu.. apakah betul pak ? menurut saya sih begitu :p

    • September 27, 2010 pukul 2:16 pm

      Proses kerjanya memang simple mas betul sekali,….terima kasih telah menambahkan,

  77. September 27, 2010 pukul 10:08 am

    Yang saya tahu hanya ada otak kiri dan otak kanan, yang kiri mengendalikan organ bagian kanan dan yang kanan mengendalikan organ bagian kiri. Benar nggak ya mas.

    Btw, donload lagi.

    • September 27, 2010 pukul 11:09 am

      Untuk yang lagi dikembangkan di jepang saat ini otak tengah Pak, tapi saya juga belum begitu paham konsepnya, cuma baru mempelajari.

      • September 27, 2010 pukul 1:09 pm

        otak tengah itu untuk hal spontan pak, dan menurut saya tidak ada hubungannya dengan kejeniusan seperti yang di iming-imingi oleh beberapa lembaga pelatihan otak tengah..

    • September 27, 2010 pukul 1:10 pm

      betul mas hehe pelajaran IPA kelas 3 seperti yang saya pelajari sekarang hehe

  78. September 27, 2010 pukul 7:23 am

    Bisa jadi sumber belajar alternatif ni Pak … terima kasih informasinya

  79. September 27, 2010 pukul 6:34 am

    Kunjungan balik mas Teguh, ternyata mas Teguh ini Kang Guru yg smart. Saya perlu belajar banyak dari mas Teguh soalnya saya jg sedang mengambil kuliah pendidikan,hehe..

    Media yang mas Teguh gunakan memang sangat menarik menggunakan Macromedia Flash yang mampu menciptakan animasi yg dapat menimbulkan apersepsi siswa dan langsung mudah dipahami. Majukan terus pendidikan Indonesia Kang Guru…

    • September 27, 2010 pukul 6:59 am

      Saya masih penasaran dengan kinerja otak tengah kang, ada gak artikel tentang otak tengah. Temen saya sampe membeli lisensi usaha pengaktifan otak tengah yang bisa membuat anak2 dibawah 15 tahun bisa membaca, menulis, menggambar, mewarnai, bersepeda, berjalan meskipun semuanya dalam keadaan mata ditutup..

    • September 27, 2010 pukul 7:10 am

      Terima kasih sobat telah hadir di blog saya, semoga kita bisa berbagi informasi.

    • September 27, 2010 pukul 7:18 am

      Untuk artikel tentangn otak tengah sudah banyak dibahas di beberapa blog, coba saja alamat :
      http://otaktengah.com/
      atau
      http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=16523
      dan masih banyak yang lain, terima kasih.

  80. September 27, 2010 pukul 5:36 am

    saya suka dengan mengkaji isi-isi otak.. penuh misteri dan banyak bagian2 yang mengejutkan di dalamnya..,. cara cerdas untuk menjadi cerdas.. pelajari isi otak kita hehhee…🙂

    • September 27, 2010 pukul 7:20 am

      Memang El, otak penuh misteri tetapi bukan misterius,….salam persahabatan dari Pekalongan.

  81. Dangstars
    September 27, 2010 pukul 3:43 am

    Nice
    I like your article and all the great tips that are mentioned on it, it has really helped out. Thanks for share the information.
    I hope you can visit my blog and give me suggestion.
    Thanks again.

    • September 27, 2010 pukul 3:58 am

      Terima kasih pak apresiasinya,….salam persahabatan dari Pekalongan

  82. September 27, 2010 pukul 2:33 am

    wah… otak lebih hebat dari komputer ya Pak

    • September 27, 2010 pukul 3:03 am

      Oya donk mbak, komputer kan dibuat juga karena otak manusia manusia. Sehebat apapun komputer kalau rusak juga butuh otak manusia, hehe….Terima kasih atas kunjungannya and salam persahabatan dari Pekalongan.

  83. September 27, 2010 pukul 2:16 am

    Sekarang lagi trend memfungsikan otak kanan ya..denganm media ini semoga kita bisa mengasah otak dengan sarana yang tepat. Terimakasih,..SALAM dari Kendari.🙂

    • September 27, 2010 pukul 3:07 am

      Betul sekali Bli, bahkan yang lagi ngetrend lagi tentang otak tengah yang diteliti oleh orang jepang saat ini, konon katanya seorang anak bisa mengenali orang tuanya di kerumunan yang ramai meskipun matanya di tutup, wah hebat ya Bli….Salam persahabatan kembali dari Pekalongan.

    • September 29, 2010 pukul 3:10 pm

      Bagi seorang penulis, pemanfaatan otak kanan adalah hal yang penting dalam mencari ide.

  84. September 26, 2010 pukul 11:00 pm

    Lagi, saya mendapatkan media pembelajaran yg bagus, kang guru memang ahlinya membuat yg spt ini.
    Media spt ini akan membantu siswa memahami & mempelajari otak.

    • September 26, 2010 pukul 11:15 pm

      Mudah-mudahan begitu sahabat,…kita memang sudah saatnya tidak hanya mengajarkan materi kepada anak-anak kita, tetapi bagaimana aplikasi materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari sampai pada tujuan pendidikan yaitu meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha Esa. Salam persahabatan selalu dari Pekalongan.

    • September 28, 2010 pukul 4:24 pm

      sama blue juga merasakan hal yang sama…………….keren postnya
      salam hangat dari blue

      • September 28, 2010 pukul 9:44 pm

        terima kasih blue,…salam hangat kembali dari pekalongan.

  85. September 26, 2010 pukul 8:39 pm

    Proses berfikir itu memerlukan rentang waktu yang panjang ya Kang Guru..tidak semudah dan segampang berbicara,…kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan akan berpengaruh bagi perkembangan otak kiri maupun otak kanan, kebiasaan mendengar musik rohani sejak kandungn dengan kebiasaan mendengarkan musik rock pasti hasilnya akan berbeda…dan sudah terbukti..(apa suatu kebetulan atau bagaimana ) heee😉

    • September 26, 2010 pukul 11:18 pm

      Tentu saja tidak ada yang diciptakan secara kebetulan Bli, semua diciptakan oleh Tuhan dengan perhitungan yang matang dan manusia diberinya akal untuk membaca semua ayat-ayat Tuhan yang ada di alam ini termasuk di dalam tubuh manusia.

  1. Oktober 7, 2010 pukul 5:09 pm
  2. September 28, 2010 pukul 11:15 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: