Beranda > Media Pembelajaran > Melihat Hasil Karya Siswa

Melihat Hasil Karya Siswa

Halooo adik-adik peserta didik,….lama sekali kang guru tidak hadir dihadapan adik-adik dengan postingan yang baru. Mudah-mudahan ini tidak membuat adik-adik peserta didik ataupun sobat-sobat bloger meninggalkan kang guru.

O, ya…adik-adik,kali ini kang guru untuk sementara tidak menampilkan media yang kang guru buat. tetapi ingin mengajak adik-adik peserta didik mencoba sekaligus ikut menilai hasil karya siswa-siswi kang guru di SMA Dwija Praja Pekalongan.

Hasil Karya Siswa ?

Ya….di SMA Dwija Praja Pekalongan mulai tahun pelajaran 2010/2011 ini, khusus untuk siswa kelas X tidak hanya diajarkan tentang materi pelajaran umum saja tetapi juga diberikan bekal keterampilan yang berbasis keunggulan lokal yaitu berupa keterampilan Multimedia.

Apa itu Multimedia ?

Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

Jadi di dalam multimedia ini terkandung empat komponen penting yaitu :

  • Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar.
  • Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi.
  • Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
  • Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide.

Nah, adik-adik ….Jika salah satu komponen tidak ada, maka bukan multimedia namanya.

Misalnya…?

Jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi (tombol) yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu juga bukan multimedia, tetapi namanya film. Demikian juga jika tidak terdapat ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, juga bukan multimedia, tetapi itu namanya televisi.

Lalu Apa saja yang diajarkan ke Siswa…?

Wow,…banyak sekali ada disain grafis 2D dan 3D, ada animasi 2D dan 3D, membuat film carton, membuat kuis interaktif, membuat buku elektronik, teka-teki silang digital, membuat presentasi, membuat iklan TV, baner, digital recording, video editing, dan masih banyak lagi dengan sebagian besar program yang digunakan adalah open source, seperti 3D Blender, 3D Skechup, disamping itu siswa juga dibekali dengan keterampilan merakit PC  sampai dengan merakit laptop, seting  jaringan, dan lain-lain.

Lalu ? bagaimana kalau siswa tidak punya komputer di rumah ? apa bisa berhasil ?

Itulah satu keunggulan di sekolah kang guru, semua siswa difasilitasi dengan sebuah netbook (laptop) dan dibawa pulang selama menjadi siswa di SMA Dwija Praja Pekalongan. Jadi siswa tidak perlu kawatir untuk tidak bisa, sebab mustahil akan berhasil belajar komputer tanpa memiliki komputer.

Nah, berikut ini adalah salah satu contoh hasil karya siswa kelas X yang sengaja kang guru tampilkan disini dengan harapan semoga memotivasi adik-adik peserta didik yang ingin mempelajari multimedia.

Tertarik ?….

Bergabunglah bersama SMA Dwija Praja Pekalongan dan menjadi anggota “dp Blander Comunity”

Bisa di download ?

Mohon maaf ….tanpa mengurangi rasa hormat pada pengunjung Blog kang guru, untuk media pembelajaran hasil karya siswa,… kang guru tidak memberikan fasilitas download.

Melihat motivasi peserta didik  untuk memiliki keterampilan multimedia yang sebagian besar berasal dari keluarga menengah ke bawah, kang guru menjaga hak karya siswa. Untuk itu melalui blog kang guru ini, bagi pengunjung blog maupun sobat-sobat bloger yang merasa memiliki kelebihan rejeki dan bingung untuk menyalurkan bantuannya ke siapa, alangkah mulianya apabila bersedia membantu beasiswa untuk peserta didik kang guru melalui rekening siswa bersangkutan.

Keterangan :

  • Bagi siswa kelas X yang belum menyelesaikan tugas segera dikirim melalui email “teguhsasmitosdp1@gmail.com”
  • Bagi yang sudah selesai, kerjakan proyek berikutnya untuk membuat Quiz Interaktif
  1. Maret 8, 2016 pukul 9:16 am

    Many individuals discover that to become easy and simple choice,
    but you could also arrange them by expiration day, or by
    the section format of your food store. What I’ve learned through every one
    of that was a simple useful way of “couponing” that’s rescued our household
    typically $200 per month.

  2. Oktober 20, 2015 pukul 2:27 am

    Sangat bermanfaat pak

  3. Oktober 16, 2015 pukul 3:18 am

    Hebat pak para siswanya . lanjutkan generasi Indonesia

  4. September 25, 2014 pukul 3:52 am

    I like to spam your website. I like blackhat seo, pharma,
    pay day loans, viagra and gambling and also adult porn.

  5. Agustus 7, 2013 pukul 7:52 am

    There are, however, some items that are low in calories that although might not be ideal at least are not as bad.

    Ever since the days of the Charles Atlas ads featuring the skinny boy who is getting sand kicked in his
    face, millions of young boys everywhere wanted to take up
    body building to try to achieve a body that would be both
    feared and marveled. Tina Chandler, who placed 3rd in last year’s contest, came in in the best shape of her career and much improved with thick muscle bellies, symmetry, and definition, as well as beauty, and many fans believed she should have won, however the judges thought otherwise.

  6. made alkamala citra
    Maret 21, 2012 pukul 3:53 am

    sangat mengesankan ?

  7. Anugrha13
    Januari 25, 2011 pukul 6:59 am

    wah hebat…wong pekalongan pinter-pinter yah pak🙂
    buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya,,,gurunya aja pinter, pasti muridnya juga jago2 donk hehehe

    • Januari 25, 2011 pukul 7:13 am

      Terima kasih mas, mudah-mudahan bisa untuk bekal keterampilan setelah lulus. salam dari pekalongan

      • Anugrha13
        Januari 25, 2011 pukul 11:52 am

        sebagai warga satu karesidenan merasa bangga pak…salam balik dari wong tegal

  8. Januari 24, 2011 pukul 4:18 am

    kedua anakku perempuan, membaca artikel ini, biarlah ortunya tidak kesampaian ilmunya Anak-anakku diusahakan pinter Multimedia *trim’s pa infonya🙂

    • Januari 25, 2011 pukul 7:12 am

      Amin, semoga harapan orang tua bisa terkabulkan Pak, bukan hanya jadi anak pinter tetapi juga shaleh/shalehah ya Pak.

  9. Januari 3, 2011 pukul 1:51 pm

    Assalaamu`alaikum pak,
    bagus sekali sekolah tu ya, murid-murid bukan sahaja diajar dalam bidang perkomputeran, malah turut dibekalkan dengan peralatan sedemikian. ini bukan sahaja memudahkan pelajar yang kurang berkemampuan bahkan sebagai penggalak mereka melibatkan diri dalam teknologi.

    Selamat menulis kembali pak
    salam manis dari saya di Malaysia.

    • Januari 3, 2011 pukul 2:32 pm

      Sebagai bekal keterampilan mama, agar memiliki skil.

  10. Desember 28, 2010 pukul 3:36 pm

    wahhhhhhhh hebat nya coba kalau aku dilahirkan di pekalongan pasti Isya’ Allah saya bisa menjadi dalang yang tidak ketinggalan ilmu tknologi yang begitu canggihnya,,,,,,, dan saya kan lebih maju selangkah dari dalang – dalang yang ada di indonesia ini….. terima kasih infonya pak, pemda pekalongan pancen hebatt dan top markotop
    salam rahayu

    • Desember 28, 2010 pukul 3:41 pm

      Terima kasih Ki,…semoga menjadi dalang yang memiliki inovasi sesuai dengan perkembangan jaman dengan tidak meninggalkan pakem yang ada.

  11. Desember 28, 2010 pukul 2:06 am

    Memang hasil karya /tugas-tugas siswa sebaiknya di pamerkan berupa galery work, lebih baik lagi kalau teman2nya diberi kesempatan untuk saling menilai dalam rubrik penilaian yang sudah disiapkan dan disepakati bersama sebelumnya. Ini akan berfungsi sebagai refleksi buat semmua fihak.
    Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar di blog saya pak, tapi maaf saya ibu-ibu pak bukan bapak he..he…mungkin karena nick name saya terlalu JANTAN ya pak..

  12. Desember 25, 2010 pukul 2:15 am

    Dengan fasilitas yang lengkap, semoga siswanya makin rajin Kang Guru.
    Salam sukses.

  13. Desember 24, 2010 pukul 8:06 am

    wah salah stau bagian yg mbah suka pas sekolah…membuat prakarya he he he

  14. Desember 9, 2010 pukul 11:19 am

    selalu menarik infonya
    p cabar kang
    salam hangat dari blue

  15. Desember 7, 2010 pukul 4:43 am

    Assalaamu’alaikum Kang Guru, Mas Teguh…
    lama bener mas belum ada posting baru. bilangnya bulan disember ini mahu buka kelas semula ? kapan mulanya kelas ini lagi. kangen deh mahu masuk kuliahnya. Semoga sehat dan bahagia selalu bersama keluarga di sana.😀

    Hadir untuk mengucapkan Selamat menyambut Maal Hijrah 1432.
    Semoga kehadiran tahun baru Islam akan mengorak langkah penghijrahan yang lebih bermanfaat untuk kejayaan hidup di masa depan.

    Salam keindahan Awal Muharram.
    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  16. Desember 6, 2010 pukul 11:59 am

    keren sekolah pak guru🙂

  17. November 16, 2010 pukul 7:53 am

    Assalaamu’alaikum Kang Guru, mas Teguh…

    Sahabat…. Tiada embun yang lebih bening selain beningnya hati
    Di bulan Zulhijjah, Iedul Adha kembali menyapa hari
    Kemaafan dipohon untuk khilaf dan salah jika mengkhianati
    Sebuah pengorbanan tulus jadi iktibar membaiki diri

    Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    Salam keindahan Iedul Adha 1431 H dari saya di Sarikei, Sarawak.

    • November 17, 2010 pukul 1:55 am

      Sama-sama Bunda, maaf juga lama sekali blog kang guru tidak hadir untuk menambah posting, bahkan untuk berkunjung menapakkan jejak di negeri sarawak juga belum sempat, mudah-mudahan awal desember blog kang guru bisa aktif kembali. Terima kasih atas kunjungannya dan salam persahabatan selalu dari pekalongan Indonesia.

  18. November 1, 2010 pukul 9:51 am

    Sekolahnya mahal ga kang?

  19. Oktober 31, 2010 pukul 8:34 am

    keren
    ane juga mau laptopnya🙂

  20. Oktober 31, 2010 pukul 6:11 am

    kenapa ga dikasih link donlot Pak?

  21. Oktober 30, 2010 pukul 11:10 pm

    Salut benar saya dengan anda pak, kreatif dan inovatif, sehingga anak didiknya menjadi luar biasa, semoga bisa menjadi inspirasi bagi saya,
    salam, dari Bondowoso

  22. ishalNdud smadp
    Oktober 27, 2010 pukul 1:31 pm

    udah saia kirim pak kemaren malem.. tapi cuman sulawesi yg seperti bapak liat tadi gpp kan? he he he.. ^_^

  23. Oktober 27, 2010 pukul 3:00 am

    Assalammualaikum Wr.Wb
    pak tugas selanjutnya buat quiz yang apa dan tolong dajarin ya…
    karena, saya belum tahu cara nya…
    he..he..he..
    Waalaikum salam Wr. Wb

  24. ishalNdud smadp
    Oktober 26, 2010 pukul 1:09 pm

    pak saya kirim dulu deh.. ni lagi proses.. btw… quis gmn yah pak?

  25. ishalNdud smadp
    Oktober 26, 2010 pukul 12:59 pm

    pak peta saia sudah jadi.. tapi sulawesi pak.. gmn gpp yoo? ^__^

    • Oktober 27, 2010 pukul 12:51 am

      Segera di kumpulkan saja biar segera bisa di upload.

  26. Oktober 26, 2010 pukul 8:13 am

    Wah kang Guru,…saya jadi ngiri nich..kapan bisa belajar bikin begitu yach…generasi muda memang penuh imajinasi, tentu dengan bantuan kang Guru juga..sukses kang

    • Oktober 27, 2010 pukul 12:50 am

      Terima kasih Bli, semoga anak-anak didik kami ke depan menjadi bermanfaat kususnya bagi dirinya sendiri, habis sekarang banyak orang yang bermanfaat bagi negara, bagi masyarakat, tapi justru bagi dirinya sendiri tidak bermanfaat.

  27. Oktober 25, 2010 pukul 4:12 am

    salut banget dengan gaya pembelajaran begini … luar biasa …
    andai semua guru dan sekolah bisa kayak gini …
    pasti Indonesia jadi makin pinter …
    salut deh sekali lagi …

    Semoga persahabatan kita tiada lekang oleh waktu dan tiada terbatas oleh ruang

    • Oktober 25, 2010 pukul 5:35 am

      Terima kasih Denuz,….semoga anak-anak didik kami bisa berhasil menjadi generasi bangsa yang tidak banyak ngomong.

  28. Oktober 24, 2010 pukul 4:22 am

    info yang menarik…

    izin nyimak ya…

    di tunggu kunjungan baliknya…

    by auto loan refinancing

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: