Dr. Muh. Nur, Ahli Fisika Plasma

 

Dr. Muhammad Nur, DEA adalah salah seorang ahli Fisika Plasma di Indonesia. Bidang ini belum banyak dikembangkan di Indonesia karena keterbatasan fasilitas dan pakar yang menggelutinya. Sejak kembali ke Indonesia (TAHUN 1998), Dr. Muhammad Nur telah merintis penelitian-penelitian aplikasi fisika plasma yang dapat diterapkan di Industri. Antara lain untuk pereduksian gas emisi dari pembakaran hidrokarbon; untuk sterilisasi; aplikasi untuk pengerasan metal serta aplikasi dalam bidang pertanian.

Aplikasi fisika Plasma yang pertama kali dilakukan adalah pengerasan metal untuk skala industri kecil menengah. Teknologi pengerasan ini dilakukan secara hybrid (teknologi nitridasi dengan Plasma, karborasi, dan quenching dengan NaCl). Pada tahun 2001 dalam presentasi program Vucer terpilih yang diundang untuk dipresentasikan di Jakarta, tim juri memberikan penghargaan Penyaji Terbaik untuk hasil aplikasi IPTEKS tersebut.

Sejak tahun 1998, Dr. Muhammad Nur (ahli Fisika Plasma), Drs. Ahmad Suseno, MSi (ahli Kimia Fisik) dan Dra. Sumariyah MSi (ahli Fisika Instrumentasi) melakukan penelitian pemanfaatan fisika plasma untuk Pereduksian Gas Emisi, NOx, SOx, COx, dan HC. Penelitian ini awalnya didanai dengan dana mandiri dan melibatkan mahasiswa-mahasiswa fisika dalam rangka tugas akhir mereka. Sejak tahun 2003 penelitian ini mendapat pendanaan dari Hibah Bersaing XI, DIKTI. Penelitian pereduksian gas emisi yang dilakukan oleh tim peneliti ini telah mampu mereduksi NOx, SOx, COx, dan HC. Penelitian yang didanai dengan dana HB XI, memberikan hasil yang sangat meyakinkan dan pada 2 Agustus 2004 diajukan untuk perlindungan hak Paten dengan judul �Sistem Pereduksian NOx, SOx, COx, dengan menggunakan plasma non termik� dan pendaftaran No. P-002004361. Seiring dengan telah didaftarkannya perlindungan Paten untuk invensi ini, pada awal Agustus 2004, PT DHARMA POLIMETAL tertarik untuk melaksanakan invensi ini. Melalui perundingan yang cukup lama dalam penyamaan persepsi akhirnya pada 12 April 2005, disepakati suatu perjanjian kerjasama dan perjanjian LISENSI. Perjanjian LISENSI (perjanjian Lisensi dengan nomor perjanjian P/N0. 05/Leg/DP/UNDIIII/05) ini merupakan perjanjian LISENSI pertama yang ditandatangani oleh Universitas Diponegoro dengan sebuah perusahaan yang akan melaksanakan invensi hasil riset. Pada saat ini TIM peneliti dari Universitas Diponegoro dan TIM peneliti PT. DHARMA POLIMETAL sedang melakukan penyempurnaan invensi ini untuk dipasang pada sumber-sumber emisi gas seperti cerobong asap, knalpot kendaraan bermotor, ruang-ruang yang banyak asap, ruang-ruang petugas penjagaan pintu tol.

Penelitian-penelitian ini dikoordinasikan melalui Pusat Studi Aplikasi Radiasi dan Rekayasa Bahan (PUSSARAN), Lembaga Penelitian Universitas Diponegoro. Pusat Studi tersebut berdiri atas inisiatif saudara Dr. Muhammad Nur dan sampai saat ini yang bersangkutan masih menjadi ketua pusat studi tersebut, dan melibatkan peneliti dari beberapa Fakultas secara interdisipliner.

Sumber :http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1235841957

  1. azwin
    Juli 10, 2011 pukul 2:22 pm

    ass wr wb

  2. Juni 7, 2011 pukul 3:18 pm

    Aslm. pak saya ingin belajar fisika plasma tapi saya dari nol……saya hanya bermodalkan ras ingin tahu dan kerja keras makasih….
    klu bapak berkenang kirimkan software yang bisa saya pelajari maka saya akan senang sekali.
    terima kasih

  3. haryo
    Agustus 5, 2010 pukul 3:05 pm

    ass wr wb,
    pak tolong telepon saya,saya ingin membuktikan/mempresentasikan kalau gelang power balance itu tidaklah benar,saya sudah membuktikan kalau power balance itu tidak benar lewat test fisika yang sederhana.mohon dukung saya untuk membuat rumusan dari sudut pandang ilmu fisika,karena bapak bisa menjawab dengan dalil keilmuwan bapak.ini serius.terimakasih

    wassalam wr wb

    haryo probogiri 0813 -990 8080 3

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: