Tutorial animasi

1. MEMBUAT ANIMASI  KOTAK BERGERAK DARI KIRI KE KANAN

__________________________________________________________________________________

Untuk membuat animasi kotak yang bergerak dari kiri ke kanan, konsep dasar yang harus kita kuasai adalah : membuat sebuah movie clip kotak, dan menggerakkannya dengan menggunakan motiontween

Adapun langkah-langkahnya adalah : Baca Selanjutnya….


2. MEMBUAT NIMASI RODA BERPUTAR

__________________________________________________________________________________

Seperti pada praktikum yang pertama saat membuat animasi gerakan kotak ke kanan, maka konsep dasar untuk membuat animasi roda berputar adalah sama, jadi kita harus membuat movie clip roda, dan menggerakkannya menggunakan motiontween. Baca Selanjutnya ….

3. MEMBUT ANIMASI TUMBUKAN DUA BUAH BOLA

__________________________________________________________________________________

Karena ada dua buah objek yaitu bola, maka pada animasi ini kita harus meletakkan pada layer yang berbeda. misal bola 1 kita letakkan pada layer 1, maka bola yang kedua kita letakkan pada layer ke 2 atau sebaliknya. Seperti hlnya pembutan animasi sebelumnya, kedua bola juga harus dibuat movieclip lebih dahulu. Baca Selanjutnya….


4. MEMBUAT ANIMASI AYUNAN MATEMATIS

__________________________________________________________________________________

Pada praktikum kali ini kita harus membuat tiga buah movieclip yang berada pada tiga layer yang berbeda, yaitu layer bola yang digantungkan pada benang, layer tali penggantung, dan satu lagi layer tempat penggantung. Baca Selanjutnya ….

5. MEMBUAT ANIMASI AYUNAN PEGAS

__________________________________________________________________________________

Konsep dasar animasi ini tidak jauh beda dengan praktikum yang ke empat, pertama kita siapkan dulu tiga buah movieclip yang diletakkan pada layer yang berbeda, yaitu movie klip pegar, movie klip bola, dan movie clip penggantung. Baca Selanjutnya ….

6. MEMBUAT ANIMASI TEKS 1

__________________________________________________________________________________

Untuk membuat animsi teks, konsep  yang harus dipahami adalah bahwa teks yang kita buat harus diubah lebih dahulu menjadi movieclip, karena kita akan menggerakkan teks dari kecil ke besar atau sebaliknya dari besar ke kecil, untuk animasi ini kita msih menggunakan fasilitasn motiontween. Baca Selanjutnya ….

7. MEMBUAT ANIMASI TEKS 2

__________________________________________________________________________________

Pada praktikum kali ini kita berusaha untuk mengotak-atik seolah-olah teks muncul satu persatu. Untuk ini minimal kita butuhkan sebuah movie clip yaitu sebuah kotak yang berfungsi untuk menutupi teks dan bergerak sehingga lama-kelamaana teks terbuka. Baca Selanjutnya ….

8. MEMBUAT ANIMASI TRANSPARANSI WARNA

__________________________________________________________________________________

Biasanya pada saat melakukan presentasi, ada bagian dari teks yangn menjadi penekanan pembicaraan, kita akan membuat bahwa teks yang menjadi penekanan tadi akan kita animasi berupa perubahan transparansi warna sehingga berbeda dengan teks yang lain.  Baca Selanjutnya ….

  1. November 10, 2015 pukul 8:56 am

    pak tolong saya di beri tutorialnya biar bisa buat sendiri

  2. Maret 29, 2012 pukul 3:45 am

    minta tutorial flash nya dong. kirim ke email ku : habibullohumar@yahoo.co.id

  3. Mei 16, 2011 pukul 2:54 am

    horeeee…
    ada temen blog sesama pengguna Flash..
    saya ikut belajar yah pak Guru..🙂

    • Mei 16, 2011 pukul 12:30 pm

      Wah_wah_wah,…saya palig takut kalau ada sobat yang merendah nih,….hehe.Saya kan baru bisa dasar=dasarnya saja sobat,….Salam dari Pekalongan.

  4. harry rudiyanto
    Februari 14, 2011 pukul 5:40 am

    pak bisa ajari kami cara buat nya…🙂

  5. Januari 5, 2011 pukul 8:30 am

    salam kenal pa. di tunggu tutorialnya. sya jg ingin belajar presenstasi dengan flash

  6. Desember 29, 2010 pukul 6:17 am

    Belum selesai juga ya pak?
    padahal udah penasaran nih, hehe,,😀

  7. November 12, 2010 pukul 7:23 am

    Hallo man minta tutorial animasinya dong……….trims ya mas…..

  8. Oktober 9, 2010 pukul 2:27 pm

    protes kang Guru!
    itu tulisan “baca selanjutnya” kok gak bisa di klik!
    bagaimana nih…

  9. Oktober 8, 2010 pukul 8:32 am

    kunjungan balik ditunggu

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: