Jembatan Keledai_2
masih seputar jembatan keledai.
Hallo peserta didik…..
Jumpa lagi dengan saya di jembatan keledai_2.
Sekali lagi saya minta maaf sebelumnya bagi yang gak suka dengan cara saya.
Kali ini saya akan sedikit memberikan tips pada Anda bagaimana mengingat persamaan tegangan permukaan yang rumusnya :
Perlu peserta didik ketahui bahwa soal-soal yang berhubungan dengan persamaan di atas tidak selalu dalam bentuk aplikasi perhitungan, namun sering pula dalam bentuk pernyataan seperti : “Tegangan permukaan zat cair dipengaruhi oleh …., a,b,c,d,e. Nah peserta didik diminta memilih mana yang benar atau bisa juga dalam bentuk (1), (2), (3), (4).
Beberapa kali saya menganalisis hasil ulangan yang berhubungan dengan pernyataan tersebut 90 % menjawab salah. Ini menunjukkan bahwa peserta didik tidak memahami makna persamaan di atas. Bahkan banyak yang mengatakan tidak hafal. Ingat…..!”rumus bukan untuk dihafalkan“, kata pak guru saya.
Tapi tidak semua peserta didik memahami apa itu konsep, bahkan banyak minta yang instan-instan saja. Saya sendiri memahami betul karena 23 tahun mengajar di sekolah swasta yang notabene input siswanya di bawah sekolah negeri.
Kadang-kadang saya harus mencari cara bagaimana siswa senang dengan mapel fisika,meskipun mungkin cara saya ini tidak dikehendaki oleh sebagian pakar fisika. Apa boleh buat, tujuan saya cuma satu siswa senang dulu, termotivasi dulu, baru kemudian bicara konsep.
Untuk itulah maka untuk menghafal (maaf menghafal) rumus di atas, saya selalu membuat jembatan keledai sekedar untuk membuat motivasi siswa (biar tidak selalu teriak rumus lagi…rumus lagi).
Lalu,….seperti apa jembatan keledainya ?
Perhatikan Rumusnya ! dari rumus di atas dapat kita simpulkan bahwa tegangan permukaan zat cair dipengaruhi oleh :
- massa jenis zat cair (rho)
- percepatan gravitasi (g)
- Jari-jari pipa kapiler (R)
- Ketinggian zat cair pada pipa (y)
- sudut kontak (alpha)
Sekarang saya buat jembatan keledainya seperti ini :
Tegangan permukaan zat cair = roti gantum Rasanya yahud, diper kosa oleh 2 anak
sekarang perhatikan yang dicetak tebal, ro, g, R, diper (dibagi), kosa = cos alpha, dan 2 (indek perkalian yang di bawah)
Bagaimana,….. Anda suka ? mudah-mudah bisa membantu bagi yang tidak suka dengan rumus.
Selanjutnya silakan perserta didik berlatih untuk membuat soal sendiri dengan persamaan di atas, tetapi hati-hati dengan satuannya. jangan sampai jari-jarinya 1 m (memangnya untuk lubang sumur), 10 cm juga gak boleh (memangnya pralon), karena pipa kapiler ya pakai sajalah satuan milimeter (mm).
Okee, sekian dulu…..
sampai jumpa di jembatan keledai_3
Bagus nih untuk kebutuhan saya. Thanks
Kunjungi juga http://www.tokoedukasi.com
Sangat Bermanfaat pak
pengen deh berguru sama Bapak!!!
mohon lebih banyak lagi jembatan kedelai nya,
terima kasih bpk, atas share triknya..
sugiono, s.pd
guru fisika – sman 1 panarukan
Terima kasih kembali bapak, alhamdulillah sama-sama guru fisika, semoga kita bisa saling berbagi. salam dari pekalongan.
makasih pak…….diperbanyak lg,,,lebih meringankan peserta didik untuk menghafal.
Bagus tipsnya pak. Boleh ndak pak tanya jembatan keledai untuk menghafalkan besaran pokok, soalnya sering lupa kalo dah ke soal.
Halo juga Pak, apik banget lho pak blognya. saya mantan murid les bapak dari sma kajen dulu.setahu saya tidak seperti itu lho dulu jembatan keledainya waktu bapak ngajar saya, kalo tidak salah : rokok gudanggaram rasanya yahud diperkosa dua orang. kok jadi berubah pak. saya paling suka lho diajar bapak soalnya aneh-aneh sih cara belajarnya. sekarang saya semester 6 pak doakan semoga cepat lulus.
soalnya ada yang bilang rokok itu haram sih.Jadi lebih enakan roti saja. semoga cepat lulus.
Dalam hal-hal tertentu kemampuan mengingat seseorang terbatas, dan itulah gunanya jembatan keledai.
Terima kasih atas infonya dan terima kasih pula atas kunjungan Bapak ke tempat saya.
Blog yang indah dan sangat bermanfaat….
Terima kasih atas apresiasi bapak, semoga apa yang saya lakukan ada manfaatnya.
Komen pertamax-kah? …
terima kasih ifonya Pak.. terima kasih telah berbagi…
tips2 seperti ii diperukan oleh setip guru, apalagi guru excact spt fisika.
Trims banget Pak, Bapak tamu pertama saya. Mohon koreksinya juga Pak kalo-kalo ada yang menyimpang.